DetikNews
Rabu 26 Juli 2017, 15:20 WIB

Jokowi: Apa pun Agamanya, Bela Negara Tugas Kita Bersama

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Jokowi: Apa pun Agamanya, Bela Negara Tugas Kita Bersama Presiden Jokowi dan Wapres JK memimpin rapat terbatas. (Bagus Prihantoro Nugroho/detikcom)
Jakarta - Presiden Jokowi memimpin rapat tentang bela negara. Menurutnya, bela negara adalah tugas seluruh warga negara.

"Saya mengingatkan kembali, bela negara adalah tugas kita bersama, tanggung jawab kita semuanya sebagai warga negara, sebagai anak bangsa di mana pun kita berada, apa pun latar belakangnya, apa pun pendidikannya, apa pun agamanya, apa pun sukunya," tutur Jokowi di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Rabu (26/7/2017).

Seluruh warga negara memiliki hak dan kewajiban terkait dengan bela negara, kata Jokowi. Maka itu, sikap bela negara harus ditumbuhkan sejak kecil.

"Kita juga tidak akan membiarkan berbagai bentuk ancaman yang merongrong Pancasila sebagai dasar kita bernegara," kata Jokowi.

Presiden Jokowi dan Wapres JK memimpin rapat terbatas.Presiden Jokowi dan Wapres JK memimpin rapat terbatas. (Bagus Prihantoro Nugroho/detikcom)


Pemerintah akan bergerak bersama rakyat menghadapi upaya-upaya yang mengancam kedaulatan negara. Ancaman bukan hanya fisik, tapi lebih dari itu.

"Sekarang ini sangat terasa sekali ancaman terhadap kedaulatan bangsa dan negara kita berkembang multidimensi, tidak lagi ancaman fisik, namun juga ancaman non-fisik. mulai dari ancaman ideologi, politik, ekonomi, sampai sosial budaya," tutur Jokowi.

Jokowi didampingi Wapres Jusuf Kalla dalam rapat tersebut. Hadir pula Menko Polhukam Wiranto, Menko Kemaritiman Luhut Panjaitan, Menko PMK Puan Maharani, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menhan Ryamizard Ryacudu, MenPANRB Asman Abnur, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.
(bpn/idh)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed