DetikNews
Selasa 25 Juli 2017, 13:35 WIB

Diperiksa KPK, Eks Staf di Kemendagri Mengaku Tak Kenal Novanto

Nur Indah Fatmawati - detikNews
Diperiksa KPK, Eks Staf di Kemendagri Mengaku Tak Kenal Novanto Yosep Sumartono (Foto: Nur Indah Fatmawati/detikcom)
Jakarta - Mantan staf di Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Dukcapil Kemendagri) Yosep Sumartono mengaku tak kenal dengan Setya Novanto. Yosep pun mengaku tidak pernah bertemu Andi Agustinus alias Andi Narogong.

"Pertanyaannya ngulang, satu pertanyaan, 'Kenal atau nggak sama Setya Novanto?' Nggak kenal. Setahu saya setelah diperiksa dia adalah Ketua DPR. Dulu nggak tahu," kata Yosep usai menjalani pemeriksaan sebagai saksi untuk Novanto di KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (25/7/2017).

Terkait perannya yang disebut sebagai kurir uang yang dibagikan terkait kasus korupsi, Yosep mengaku tak tahu menahu. Yosep menyebut bila yang membagikan uang adalah Sugiharto, terdakwa kasus e-KTP yang telah divonis.

"Bukan saya yang bagi (uangnya). Yang bagi itu Pak Sugiharto. Saya hanya disuruh saja. Tidak ada apa-apanya, nggak ada salah," ucap Yosep.

Yosep juga mengaku tidak mengenal Andi, tetapi dia kenal Vidi Gunawan yang merupakan saudara kandung Andi. "Nggak pernah, jadi cuma ketemu Pak Vidi saja. Yang ngenalin Pak Vidi (adalah) Pak Giharto (Sugiharto)," ungkap Yosef.

Dalam persidangan pada Senin, 3 April lalu, Yosep membeberkan penerimaan uang oleh Sugiharto. Penerimaan dilakukan berkali-kali di sejumlah tempat.

Yosef menjelaskan, uang diterima dari Vidi. Penyerahan pertama dilakukan di Mal Cibubur Junction sebesar USD 500 ribu.

"'Mas minta tolong nanti ambil titipan di mal Cibubur Junction'. Perintahnya sekitar jam 11-an siang. Saya jalan pake ojek ke Cibubur Junction dari kantor saya di Kalibata," ujar Yosep saat bersaksi di Pengadilan Tipikor saat itu.

Berikut daftar penerimaan-penerimaan uang oleh Sugiharto melalui perantara Yosep:

1. Lokasi di mal Junction Cibubur USD 500 ribu.
Yosep mengaku tak tahu uang yang diterimanya terkait apa. "Tidak diceritakan uang apa. Cuma bilang 'ada titipan untuk Pak Sugiharto'," ujar Yosep.
2. Lokasi di Holland Bakery Kampung Melayu sebesar USD 400 ribu
3. Pom bensin Bangka Raya USD 200 ribu
4. Pom bensin Pancoran USD 400 ribu
5. Dari Paulus Sutano di Menara BCA dekat Bundaran HI. Namun Yosep tidak menyebutkan nominal uang.
6. Dari Yohanes Marlin USD 500 ribu
7. Dari Sugiyanto melalui Fauzi USD 100 ribu

"Malam-malam ada datang ke rumah saya. Dari Pak Anang yang punya Quadra Solution sekitar USD 100 ribu, satu tas plastik. Besoknya saya serahkan, karena sudah malam kan Pak," ungkap Yosep.
(nif/dhn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed