PKS-Gerindra Sepakat Usung Deddy Mizwar-Syaikhu di Pilgub Jabar

Andhika Prasetia - detikNews
Selasa, 25 Jul 2017 09:25 WIB
Deddy Mizwar resmi diusung PKS-Gerindra di Pilgub Jabar. (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - PKS-Gerindra tancap gas menjelang Pilgub Jabar 2018 dengan mengusung Deddy Mizwar sebagai cagub. Deddy akan dipasangkan dengan Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu, yang merupakan kader PKS.

"PKS dan Gerindra ada kesepakatan mengusung Demiz (Deddy Mizwar) sebagai Jabar-1 dan wakilnya dari PKS," ujar Presiden PKS Sohibul Iman melalui pesan singkat, Selasa (25/7/2017).

Pria yang akrab disapa Kang Iman ini mengatakan Ketum Gerindra Prabowo Subianto menyerahkan kepada PKS soal sosok yang diusung sebagai cawagub. PKS menyodorkan sosok Syaikhu dan disepakati oleh Prabowo.

"Pak Prabowo menyerahkan kepada PKS siapa yang akan jadi cawagub. Saya sudah sampaikan kepada Pak Prabowo bahwa cawagub dari PKS adalah Syaikhu. Beliau oke dengan usulan PKS," ucap Sohibul.

Majunya Syaikhu dalam Pilgub Jabar sekaligus menutup peluang Netty Prasetiyani Heryawan, istri Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, yang sebelumnya masuk radar PKS. Dengan demikian, PKS dan Gerindra menjadi koalisi pertama yang mengusung pasangan cagub-cawagub Jabar. Namun keduanya belum didaftarkan ke KPUD Jabar. (dkp/imk)