Lebih Tertib, Ini Penampakan Contraflow di Jalan Salemba Raya

Cici Marlina Rahayu - detikNews
Selasa, 25 Jul 2017 08:58 WIB
Contraflow di Jalan Salemba Raya berjalan lancar. (Cici Marlina Rahayu/detikcom)
Jakarta - Contraflow di Jalan Salemba Raya pagi ini terpantau lancar. Kondisi arus lalu lintas dari arah RSCM menuju Matraman, Pramuka, dan Proklamasi kini lebih tertib.

Berdasarkan pantauan detikcom di contraflow Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, pada pukul 08.19 WIB, Selasa (25/7/2017), arus lalu lintas di jalan searah ini terpantau lebih lowong. Hal ini terjadi karena volume kendaraan dari arah Senen ataupun RSCM menuju Matraman dan Pramuka tidak banyak.



TransJakarta dari arah Matraman menuju Carolus juga tetap pada jalurnya dan berjalan seperti biasa. Hanya, saat bertemu silang jalan menuju halte TransJakarta Carolus, bus diperkenankan jalan terlebih dahulu, dan pengendara dari arah RSCM menuju Pramuka diberhentikan sebentar.

Bus TransJakarta tetap melaju di busway.Bus TransJakarta tetap melaju di busway. (Cici Marlina Rahayu/detikcom)


Sama halnya dengan pengendara dari arah Jalan Salemba 1, mereka mencoba melawan arus karena kondisi saat pagi hari lebih kosong. Sebab, saat pagi penumpukan kendaraan terjadi di Jalan Pramuka Raya dan Jalan Matraman Raya menuju Jalan Proklamasi. Kepadatan arus lalu lintas diprediksi terjadi saat jam pulang kerja atau sore hari.

Kepadatan volume kendaraan diprediksi terjadi saat jam pulang kerja.Kepadatan volume kendaraan diprediksi terjadi saat jam pulang kerja. (Cici Marlina Rahayu/detikcom)

"Kalau untuk kepadatan di contraflow ini jam pulang kerja. Pagi hari tidak terlalu, ya begini (kosong). Lagi pula pengalihan arus sudah masuk hari keenam. Jadi mereka lebih tertib," ujar petugas Dinas Perhubungan (Dishub), Fauzi, saat ditemui detikcom di sekitar lokasi hari ini.



Tak sedikit kendaraan, terutama pengendara roda dua yang mencoba melobi petugas untuk melawan arah di jalur contraflow tersebut. Kebanyakan pengendara dari Jalan Salemba 1 ingin menuju Pramuka via flyover Salemba.

"Kemarin-kemarin kita kewalahan, karena sebagian sekarang sudah pada tahu ini searah. Sekarang sedikit sudah berkurang. Tapi masih banyak pengendara yang nakal ingin lawan arus menuju flyover," kata petugas Dishub lainnya, Dodi Tisna Amijaya, dalam kesempatan sama.



Pengendara roda dua yang nakal tersebut tak jarang melobi petugas untuk melawan arah di Jalan Salemba Raya. Bahkan mereka beralasan macam-macam untuk bisa melobi petugas.

"Sekali saja, Pak, sedikit itu jalannya," kata seorang pengendara ojek online kepada petugas Dishub.

Sejumlah pengendara masih ada yang mencoba melawan arah dan melobi petugas.Sejumlah pengendara masih ada yang mencoba melawan arah dan melobi petugas. (Cici Marlina Rahayu/detikcom)

"Saya mau antar anak sekolah, sudah terlambat kalau memutar," kata seorang pengendara motor lainnya dengan nada tinggi. (cim/aan)