DetikNews
Selasa 25 Juli 2017, 07:25 WIB

Menpora Segera Panggil Adhyaksa Minta Klarifikasi soal HTI

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Menpora Segera Panggil Adhyaksa Minta Klarifikasi soal HTI Menpora Imam Nahwari akan memanggil Adhyaksa Dault minta klarifikasi soal HTI (Foto: Humas Kemenpora)
FOKUS BERITA: DPR Bahas Perppu Ormas
Jakarta - Kemenpora membekukan dana bantuan untuk Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Pembekuan ini dilakukan hingga Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault mengklarifikasi soal Hizbut Tahrir Indonesia.

"Pada prinsipnya kita harus betul teliti, mana individual, mana organisasi. Kita tidak mungkin mengorbankan Pramuka secara kelembagaan, apalagi kelembagaan Pramuka ini telah membentuk karakter pemuda, pelajar, mahasiswa dengan baik," kata Menpora Imam Nahrawi di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Senin (24/7/2017).

(Baca juga: Tahan Anggaran Kwarnas, Menpora: Ada Laporan soal Adhyaksa dan HTI)

Nahrawi tetap meminta Adhyaksa untuk mengklarifikasi soal pernyataannya dalam sebuah acara yang pernah dihelat oleh HTI. Nahrawi menyebut Adhyaksa pernah menyatakan dukungan untuk khilafah.

"Secepatnya akan kami panggil bersama Menko Polhukam (Wiranto) karena kami juga akan berkomunikasi dengan Menko Polhukam. Nanti akan kami panggil segera," imbuh Nahrawi.

Dia menyadari bahwa Gerakan Pramuka membutuhkan dana untuk operasional. Besaran dana bantuan dari Kemenpora yang biasa diberikan kepada Gerakan Pramuka adalah Rp 10 miliar.

"Tapi sekali lagi harus juga ada sikap yang lebih jelas lagi nanti tentang individual yang menolak Pancasila di dalam Pramuka sendiri," pungkas Nahrawi.

(Baca juga: Adhyaksa Dault Siap Menghadap Menpora Jelaskan soal HTI)

Sementara itu Adhyaksa sendiri telah menyatakan siap untuk mengklarifikasi hal ini. Dia pun menyatakan bahwa kehadirannya pada acara tahun 2013 lalu itu karena mendapat undangan.
(bag/dkp)
FOKUS BERITA: DPR Bahas Perppu Ormas
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed