DetikNews
Minggu 23 Juli 2017, 17:05 WIB

Ini 17 Stasiun yang akan Terintegrasi TransJ

Heldania Ultri Lubis - detikNews
Ini 17 Stasiun yang akan Terintegrasi TransJ Menhub Budi Karya Sumadi cek Stasiun Tebet (Foto: Heldania Utri Lubis/detikcom)
Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan pentingnya membangun Transit Oriented Development (pengembangan wilayah orientasi transportasi). Ia menyebut saat ini ada 17 titik stasiun yang akan dikembangkan.

"TOD ini harus efisien. Oleh karenanya kita ada 17 titik di seluruh Jakarta yang sedang akan kita kembangkan," ujar Budi di Stasiun Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (23/7/2017).

Budi memuji Stasiun Tebet yang saat ini sudah terintegrasi dengan TransJakarta. Ia menyebut TOD memang penting untuk mempermudah masyarakat sebagai pengguna transportasi.

"Ya ini akan kita detailkan supaya konektivitas antarmoda, terutama antara kereta api dan TransJakarta itu semakin bagus. Kalau ini bagus kan akan bermanfaat bagi masyarakat," tutur Budi.

Pada kesempatan terpisah, Dirut PT KAI Edi Sukmoro menyatakan 17 titik itu diharapkan selesai paling lambat pada akhir tahun 2017 ini. Untuk mendukung kelancaran rencana itu, pihaknya juga akan berkomunikasi dengan Pemprov DKI.

"Kalau bisa ke 17 nya ini selesai akhir tahun ini, fasilitas pendukung peron, jalan dan sebagainya ini akan kita siapkan. Supaya penumpang nggak usah capek, turun dari kereta api, sudah bisa langsung naik TransJakarta," kata Edi.

Ia juga menyebut pihaknya akan berkomunikasi lebih jauh dengan Pemda DKI terkait rencana tersebut. "Tadi pak Menteri juga sudah mendorong, kalau Pemprov DKI mau ya Pemprov DKI anggarannya juga banyak, jadi kita bisa bekerja sama dan langsung bisa dibuktikan," imbuhnya.

Edi pun menyebut bahwa selama ini komunikasi yang terjalin antara PT KAI dan Pemda DKI cukup baik. Sehingga ia optimis rencana TOD itu akan berjalan dengan lancar dan sesuai dengan target yang diharapkan.

"Sejauh ini sih kita sudah komunikasi terus. Kita juga sudah punya MoU dan kerjasama yang ditandatangani pada zaman pak Jokowi dan Jonan dulu ya. Jadi sebetulnya sudah ada dasarnya,tinggal kita detail kan saja ya," tutur Edi.

Berikut daftar 17 titik stasiun yang akan terintegrasi TransJ:

-Stasiun Depok Baru
-Stasiun Pasar Minggu
-Stasiun Duren Kalibata
-Stasiun Cawang
-Stasiun Tebet
-Stasiun Manggarai
-Stasiun Jatinegara
-Stasiun Sudirman
-Stasiun Karet
-Stasiun Tanah Abang
-Stasiun Palmerah
-Stasiun Kebayoran
-Stasiun Cikini
-Stasiun Juanda
-Stasiun Jakarta kota
-Stasiun Grogol
-Stasiun Klender
(hld/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed