DetikNews
Sabtu 22 Juli 2017, 16:10 WIB

Updated

Jokowi: Generasi Y akan Ubah Landscape Politik 5-10 Tahun ke Depan

Usman Hadi - detikNews
Jokowi: Generasi Y akan Ubah Landscape Politik 5-10 Tahun ke Depan Presiden Jokowi mengatakan 'Generasi Y' akan merubah dunia politik 5-10 ke depan (Foto: Rengga Sancaya)
Bantul - Presiden Joko Widodo berbicara soal perubahan kondisi bangsa di masa depan. Menurutnya, generasi Y akan mengubah peta politik dan ekonomi secara nasional dalam waktu 5-10 tahun ke depan.

"Mereka (mahasiswa) inilah yang masuk generasi Y, yang akan merubah landscape politik dan landscape ekonomi nasional. Lihat nanti 5 atau 10 tahun ke depan, akan berubah semuanya," ujar Jokowi saat kuliah umum di Universitas Ahmad Dahlan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (22/7/2017).

Generasi Y, dinilai Jokowi, tidak akan lagi membaca media konvensional atau media cetak, melainkan media online di perangkat ponsel pintar. Begitu pula soal TV yang mulai ditinggalkan. Mereka akan beralih ke video di media sosial.

"Karena generasi ini (generasi Y) sudah tidak baca koran lagi. Karena kalau pakai smartphone tinggal buka yang dotcom, dotcom, kan banyak sekali di situ. Tidak akan lihat TV lagi karena sudah bisa minta video-video. Pegangannya hanya smartphone bisa tahu semuanya," paparnya.

Jokowi juga berbicara soal kemajuan teknologi saat ini yang kerap mengandalkan ponsel pintar dan aplikasi online, seperti untuk memesan makanan. Jokowi berpesan kepada masyarakat supaya menyadari perubahan yang terjadi saat ini atau akan digerus kemajuan zaman.

"Beli sate tidak usah suruhan, beli Go Food langsung datang sate. Mau beli gado-gado, beli Go Food datang gado-gado," paparnya.

"Kalau tidak menyadari perubahan-perubahan ini, tidak mengantisipasi, kita akan diterjang zaman," tutupnya.
(dkp/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed