Berbahaya, TNI AU Imbau Warga Tak Masuki Daerah Latihan Militer

Elza Astari Retaduari - detikNews
Kamis, 20 Jul 2017 17:25 WIB
Ilustrasi (Hasan Alhabshy/detikcom)
Jakarta - Seorang warga Rokan Hulu, Riau, tewas terkena ledakan di lokasi latihan perang Korps Pasukan Khas (Paskhas). TNI AU mengimbau agar warga sipil tidak memasuki daerah latihan militer karena berbahaya.

Kadispen TNI AU Marsma Jemi Trisonjaya menyebut ada seorang warga yang tewas akibat ledakan di lokasi latihan Trisula Perkasa Paskhas. Lima orang lainnya menjadi korban luka.

"Mengimbau, apabila ada latihan, bila belum ada penyisiran atau diberitahukan daerah sudah aman, masyarakat jangan mendekat ke daerah latihan karena membahayakan," ujar Jemi saat berbincang dengan detikcom, Kamis (20/7/2017).

Peristiwa ini terjadi pada hari terakhir latihan Trisula Perkasa, yang digelar di kawasan pangkalan udara Rokan Hulu. Pada latihan itu, ada atraksi terjun payung, latihan mortir, hingga peluncuran rudal Kiwi.

Menurut Jemi, pihak Paskhas sudah memberi tahu warga sekitar akan adanya latihan tersebut. Warga memang tidak boleh memasuki daerah latihan militer.

"Mereka masuk ke daerah latihan. Sudah dikasih tahu (pengumuman ada latihan). Masyarakat untuk sementara tidak ada yang masuk," terangnya.

Meski begitu, TNI AU sudah meminta maaf atas kecelakaan yang terjadi ini. Korps Paskhas akan bertanggung jawab terhadap korban ledakan itu. (elz/fdn)