Seorang Warga Tewas Kena Ledakan Saat Paskhas Latihan di Riau

Elza Astari Retaduari - detikNews
Kamis, 20 Jul 2017 15:48 WIB
Paskhas / Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta - Korps Pasukan Khas (Paskhas) melakukan latihan Trisula Perkasa di Rokan Hulu, Riau. Dalam latihan ini terjadi ledakan dan menyebabkan korban jiwa dari warga sipil.

"Betul ada kejadian masyarakat kena TNT. Satu orang meninggal, lima luka-luka. Paskhas sedang melakukan Trisula Perkasa, latihan puncak Paskhas," ungkap Kadispen TNI AU Marsma Jemi Trisonjaya saat dikonfirmasi detikcom, Kamis (20/7/2017).

Menurut Jemi, latihan digelar sejak tanggal 17 Juli hingga hari ini. Ada berbagai teknik latihan yang digelar di kawasan landasan udara di Rokan Hulu itu. Seperti terjun payung hingga peluncuran rudal Kiwi.

"Hari ini terakhir mulai dari 05.30 WIB, serangan fajar. Terakhir jam 11.15 WIB rencananya penyisiran untuk pengamanan terhadap alat-alat dan senjata, TNT yang digunakan untuk latihan itu," kata Jemi.

"Tapi pada saat mau nyisir sudah terjadi ledakan di tempat latihan dan ada korban dari warga," lanjut Jemi.

Meski begitu, Jemi masih menunggu laporan lebih lengkap dari personel di lapangan. Namun dapat dipastikan, warga yang menjadi korban masuk ke area latihan.

"Mereka masuk ke daerah latihan. Sudah dikasih tahu (pengumuman ada latihan). Masyarakat untuk semantara tidak ada yang masuk," jelas Jemi. (elz/fjp)