DetikNews
Rabu 19 Juli 2017, 22:10 WIB

Polisi: Hak Axel Thomas Jika Ajukan Penangguhan Penahanan

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Polisi: Hak Axel Thomas Jika Ajukan Penangguhan Penahanan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Polisi mempersilakan jika pihak Axel Matthew Thomas ingin mengajukan permohonan penangguhan penahanan. Pengajuan permohonan penangguhan merupakan hak yang bersangkutan.

Saksikan video 20detik mengenai Jeremy Thomas Hargai Proses Hukum di sini:


"Itu hak mereka, hak tersangka, nggak ada masalah. Nanti penyidik yang menilai," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Jl Sudirman, Jakarta, Rabu (19/7/2017).

Menurut Argo, penangguhan penahanan telah diatur oleh undang-undang. Meski begitu, penangguhan itu sepenuhnya menjadi kewenangan penyidik untuk mengabulkannya atau tidak.

"Ya, silakan saja kalau mengajukan, nanti kan penyidik yang akan menilai," tuturnya.

Sementara itu, pengacara Axel, Yanuar Bagus Sasmito, mengatakan kondisi kliennya dalam keadaan tenang dan sehat. Saat ini Axel disebut telah mulai berpikir jernih.

"Matthew (Axel) dalam keadaan aman, tenang, sehat, ya. Sekarang dia sudah mulai berpikir jernih. Intinya seperti itu," ujarnya.

Dia juga menerangkan Axel, yang akan pergi ke Singapura beberapa waktu lalu, bukan untuk melarikan diri. Axel hanya butuh waktu untuk memulihkan kondisi psikisnya.

"Nggak ada maksud buat melarikan diri karena tujuannya apa, untuk memulihkan kondisi psikis dia," terangnya.

Axel telah dibawa ke sel tahanan Polda Metro Jaya siang tadi. Ia didampingi oleh sang ayah, Jeremy Thomas, yang setia menemaninya. Axel tiba di sel tahanan Polda Metro dengan wajah yang tertutup rapat oleh jaket.
(knv/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed