detikNews
Selasa 18 Juli 2017, 15:22 WIB

Di Tengah Isu Plagiat, M Zamrun Dilantik Jadi Rektor UHO Kendari

Denita Matondang - detikNews
Di Tengah Isu Plagiat, M Zamrun Dilantik Jadi Rektor UHO Kendari Foto: Denita Matondang/detikcom
Jakarta - Menristek Dikti Muhammad Nasir melantik Dr Muhammad Zamrun sebagai Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara. Pelantikan itu berlangsung di tengah kontroversi tuduhan plagiarisme yang dilakukan Zamrun.

Pelantikan berlangsung di Gedung D Kemenristek Dikti lantai 2 dan berlangsung secara tertutup. Setelah dilantik, Zamrun berbicara tentang plagiarisme yang dituduhkan kepadanya. Dia menyangkal tuduhan itu.

"Nggak ada masalah. Itu kan hak mereka. Nanti kita lihat apa yang akan kita lakukan. Pak Menteri kan sudah jelas. Plagiat seperti apa itu sudah tahu. Jadi kita lihat bagaimana nanti. Yang jelas, kita pikirkan institusi saja dulu," ujar Zamrun di kantor Kemenristek Dikti, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa (18/7/2017).

Sementara itu, Muhammad Nasir turut angkat bicara soal plagiarisme yang dituduhkan terhadap Zamrun. Ia mengatakan tuduhan tersebut tidak terbukti. Sebab itu, pelantikan sebagai Rektor Universitas Halu Oleo tetap dilakukan.

"Sudah di-review oleh tim independen. Yang dipublikasikan juga berstandar internasional. Nggak sembarang orang bisa memasukkan ke sana. Tim independen menemukan bahwa jurnal yang dipublikasikan bukan plagiarisme," ujar Nasir.

Sebelumnya, ramai dibicarakan tuduhan soal plagiarisme yang dilakukan Zamrun dalam penelitian yang berjudul 'Microwaves Enhanced Sintering Mechanisms in Alumina Ceramic Sintering Experiments (2016)'.

Hasil penelitian itu dimuat dalam jurnal 'Contemporary Engineering Sciences Vol 9, 2016 No 5, 237-247 Hikari Ltd'. Penelitian itu disebut jiplakan hasil karya Joel D Ketz dan Roger D Biake, yang dimuat dalam jurnal 'Proceeding of the Microwave Symposium, ACS Spring 1991'.
(nkn/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com