DetikNews
Senin 17 Juli 2017, 19:38 WIB

Tetapkan Novanto Jadi Tersangka, KPK: Masyarakat Bisa Mengawal

Nur Indah Fatmawati - detikNews
Tetapkan Novanto Jadi Tersangka, KPK: Masyarakat Bisa Mengawal Setya Novanto saat hadir memenuhi panggilan penyidik KPK beberapa hari lalu. Ketua DPR itu diperiksa untuk kasus e-KTP yang menjerat Andi Agustinus alias Andi Narogong (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - KPK telah menetapkan Ketua DPR Setya Novanto sebagai tersangka baru dalam kasus proyek pengadaan e-KTP di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Ketua KPK Agus Rahardjo mengatakan masyarakat dapat mengawal kerja lembaganya karena masyarakat ialah pemilik KPK.

"KPK berharap publik mengawal kerja KPK termasuk penegakan perkara korupsi ini sendiri. Karena kami sadar masyarakat pemilik KPK sendiri," kata Agus saat konferensi pers di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (17/7/2017).


Dia menambahkan, KPK akan terus bekerja keras menangani kasus-kasus korupsi. Perkembangan penanganan perkara korupsi yang terjadi pada tahun anggaran 2011-2012 ini menurutnya sebagai pertanggungjawaban KPK.

"Perkembangan penanganan perkara KTP elektronik kami sampaikan sebagai pertanggungjawaban KPK terhadap seluruh rakyat Indonesia sebagai komitmen bersama melakukan pemberantasan korupsi," ujarnya.


Penetapan Novanto sebagai tersangka menambah daftar tersangka baru di kasus yang merugikan negara hingga Rp 2,3 triliun. KPK menyebut Novanto diduga telah mengkondisikan peserta dan pemenang pengadaan barang lewat tersangka lainnya yaitu Andi Agustinus alias Andi Narogong.

"Saudara SN melalui AA diduga telah mengkondisikan peserta dan pemenang barang atau jasa KTP elektronik," ujar Agus.
(jbr/imk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed