DetikNews
Senin 17 Juli 2017, 19:35 WIB

Novanto Tersangka e-KTP, DPR akan Rapat Pimpinan Besok

Andhika Prasetia - detikNews
Novanto Tersangka e-KTP, DPR akan Rapat Pimpinan Besok Foto: Rengga Sancaya/detikcom
FOKUS BERITA: Setya Novanto Ditahan
Jakarta - Wakil ketua DPR Fadli Zon menanggapi status tersangka Ketua DPR Setya Novanto terkait kasus e-KTP. Ia mengusulkan akan menggelar rapat pimpinan besok (18/7).

"Nanti coba kita rapatkan, saya usulkan besok. Cuma kan kita agenda padat, besok ada sidang IPA di Fairmont," ujar Fadli di gedung DPR, Jakarta Pusat, Senin (17/7/2017).

Pihaknya akan rapat besok untuk mengklarifikasi soal status tersangka Novanto. Termasuk mekanisme kepemimpinan Novanto di DPR.

"Kita klarifikasi berita ini, kita rapatkan di pimpinan DPR, mungkin besok, bagaimana tentang mekanisme kita di dalam dan kita lihat perkembangan," ucap Fadli.

Pimpinan DPR juga masih menunggu sikap resmi dari Fraksi Golkar soal status Novanto sebagai Ketua DPR. Termasuk apakah Novanto masih bertugas sebagai Ketua DPR atau sebaliknya.

"Kita lihat, kalau Novanto tersangka, konsentrasi menyelesaikan masalah hukum, kita lihat," tuturnya.

DPR akan menjalankan amanat UU MD3 sebelum memberhentikan Novanto.

"Kalau mekanisme di DPR kita mengacu pada UU MD3. Dalam UU MD3, jelas yang mengatur masalah anggota DPR terkait hukum. Maka, kalau yang bersangkutan belum mengajukan hukum yang belum inkrah, yang bersangkutan tetap anggota DPR," urai Fadli.

Sebelumnya, Novanto ditetapkan sebagai tersangka keempat dalam kasus e-KTP. Novanto, yang kala itu menjabat Ketua Fraksi Golkar di DPR, disangka telah mengkondisikan pengadaan barang dan jasa proyek e-KTP.

"Saudara Setya Novanto melalui AA (Andi Agustinus) diduga telah mengkondisikan pengadaan barang dan jasa KTP elektronik," kata Ketua KPK Agus Rahardjo dalam konferensi pers di KPK, Jakarta Selatan, Senin (17/7/2017).
(dkp/nth)
FOKUS BERITA: Setya Novanto Ditahan
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed