DetikNews
Senin 17 Juli 2017, 17:37 WIB

Buya Syafii: Kepala UKP Pancasila Harusnya Jadi Setingkat Menteri

Ray Jordan - detikNews
Buya Syafii: Kepala UKP Pancasila Harusnya Jadi Setingkat Menteri Foto: Buya Syafii usai bertemu Jokowi di Istana
Jakarta - Anggota Dewan Pengarah Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKPPIP) Ahmad Syafii Maarif mengatakan Kepala UKPPIP statusnya nanti akan setingkat dengan menteri. Dia mengatakan regulasi mengenai ini sedang disusun oleh Kementerian Hukum dan HAM.

Pria yang akrab disapa Buya Syafii ini mengatakan, persoalan status itu karena kewenangan Kepala UKPPIP ini dinilai sangat terbatas. Untuk itu, Perpres mengenai UKPPIP itu akan diperbaiki.

"Nanti mau ketemu unit kerja presiden. Langsung dipanggil secepatnya, karena Perppres itu tugasnya besar tapi wewenangnya enggak ada. Kecil sekali jadi mau diubah. Jadi nanti mau diperbaiki Perppres itu supaya ada wewenang gitu loh," kata Buya Syafii saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (17/7/2017).

Buya Syafii mengatakan, saat ini, berdasarkan Perpres 54, kewenangan Kepala UKPPIP yang dijabat oleh Yudi Latief tersebut setingkat dengan Dirjen.

"Kalau sekarang Perpres yang nomor 54 itu, itu Yudi Latief itu tingkat dirjen. Gimana mau manggil menteri kan enggak bisa. Ini memang kurang cermat membuatnya. Jadi nanti mau diperbaiki," katanya.

Lantas, jadinya nanti Kepala UKPPIP jadi setingkat menteri?

"Kita berharap itu. Paling tidak si Yudi Latief-nya itu supaya dia bisa koordinasi. Kan sekarang bagaimana? Setingkat dirjen tapi memanggil menteri. Kan ada ego sektoral. Jadi nggak bisa," jawabnya.


(jor/dhn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed