DetikNews
Senin 17 Juli 2017, 17:29 WIB

Rapat Pansus Angket KPK dan KemenPAN-RB Ditunda

Hary Lukita Wardani - detikNews
Rapat Pansus Angket KPK dan KemenPAN-RB Ditunda Rapat Pansus Angket KPK dengan KemenPAN-RB (Hary Lukita Wardani/detikcom)
Jakarta - Rapat dengar pendapat Pansus Angket KPK di DPR dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) ditunda. Hal ini karena Menpan-RB tidak hadir.

Setelah rapat dibuka, perwakilan KemenPAN-RB memberikan pemaparan terkait sistem manajemen SDM Komisi Pemberantasan Korupsi. Setelah selesai pemaparan, Ketua Pansus Angket KPK Agun Gunandjar mengatakan pemaparan tersebut belum menjawab apa yang diinginkan Pansus.

"Tadi, setelah melihat pemaparan, saya rasa belum menjawab apa yang kami telah kirimkan di TOR dalam undangan. Ini hanya perbandingan dasar," ujar Agun di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (17/7/2017).

Agun kemudian memberi kesempatan kepada anggota Pansus yang hadir untuk memberikan tanggapan. Arteria Dahlan, anggota Pansus dari Fraksi PDIP, meminta rapat ditunda karena ketidakhadiran Menteri.

"Karena menterinya tidak hadir, saya minta rapat ditunda. Karena selama ini kan kita ketemu dengan orang yang bersangkutan langsung, seperti Kapolri, Kejaksaan kan Jaksa Agungnya langsung," kata Arteria.

Tanggapan Arteria itu disepakati oleh anggota Pansus Angket lainnya, sehingga Agun memutuskan rapat ditunda sampai waktu yang belum ditentukan.

"Karena anggota lain meminta rapat ditunda, dan saya minta agar KemenPAN bisa mempersiapkan jawaban yang lebih detail sesuai dengan yang ada di TOR nantinya, maka rapat ini ditunda sampai waktu yang belum ditentukan. Semoga nanti jadwalnya pas," imbuh Agun sambil mengetok palu sidang.

Penundaan ini diterima oleh pihak KemenPAN-RB. Pihaknya sempat menjelaskan secara detail kenapa Menteri memilih menghadiri rapat dengan Presiden.

"Tanpa mengurangi rasa hormat, sebelumnya Menteri meminta petunjuk Presiden melalui Seskab apakah hadir di Pansus Angket atau hadir dalam rapat penilaian pejabat eselon I. Seskab menjawab melalui deputi administrasinya bahwa MenPAN diharapkan datang dalam rapat dengan Presiden, sehingga beliau akhirnya memutuskan diwakili kami dalam Pansus," ujar SesmenPAN-RB Dwi Wahyu Atmaji.
(lkw/imk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed