DetikNews
Senin 17 Juli 2017, 16:29 WIB

Aher Minta Mendagri Copot Sekda Jabar yang Ingin Maju Pilkada 2018

Ray Jordan - detikNews
Aher Minta Mendagri Copot Sekda Jabar yang Ingin Maju Pilkada 2018 Sekda Jabar Iwa Karniwa mendaftar sebagai bakal cagub di DPP PDIP. (M Fida Ul Haq/detikcom)
Jakarta - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengaku diminta Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengesahkan pencopotan Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Jawa Barat Iwa Karniwa. Pencopotan tersebut diminta karena Iwa berniat ikut serta dalam Pilgub Jabar 2018.

Tjahjo mengatakan sah-sah saja jika Sekda ingin ikut serta dalam konstestasi pilkada. Namun, sebelum ikut, dia harus resmi mundur dari jabatannya.

"Sah-sah saja, tapi pada saat dia mendaftar diterima pencalonannya, itu harus mundur. Seingat saya begitu. Tapi Gubernur Jabar mengajukan ke saya supaya sekda itu diganti," kata Tjahjo saat ditemui wartawan di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (17/7/2017).

Tjahjo pun mengatakan dirinya menunggu usul resmi dari Gubernur Jawa Barat untuk mencopot Iwa dari jabatan Sekda Pemprov Jabar.

"Kami menunggu usulan Gubernur dong. Tapi dia (Gubernur Jabar) sudah meminta secara lisan. Tapi saya serahkan kepada Pak Gubernur, bakal ada mekanismenya," ujarnya.

"Dia (Gubernur Jabar) sudah ngomong ke saya," tuturnya.

Untuk penggantinya, Tjahjo mengatakan dirinya sudah meminta sejumlah nama kepada Gubernur Jawa Barat. Nantinya nama itu akan ditelusuri rekam jejaknya.

"Saya minta itu hak Gubernur. Ajukan saja siapa-siapa yang diusulkan, nanti akan kita cek. Karena ada lewat tes dulu. Kita cek ke BIN, kita cek ke PPATK dulu," ucapnya.

Dikatakan Tjahjo, tak hanya Jawa Barat, banyak juga kepala daerah yang meminta sekda-nya di pemerintah provinsi agar diganti. Alasannya dari keikutsertaan pilkada hingga masalah kecocokan.

"Cukup banyak. Ada Yogya, Sulteng, NTT, Sumsel. Ada yang mau maju, ada yang tidak cocok. Apa pun, sekda kan dengan gubernur harus seiring," tuturnya.

Lantas, ada berapa sekda yang meminta mundur karena ikut pilkada?

"NTT, pilkada. Jabar mengajukan. Sumsel mengajukan. Tahap berikutnya Bengkulu, mengajukan. Sementara itu ya," kata Tjahjo.

Iwa memang sudah melakukan sejumlah manuver untuk bisa maju dalam Pilgub Jabar 2018. Di antaranya Iwa sudah mendaftar sebagai bakal cagub Jabar ke PDIP. Sementara itu, dari sisi Aher, istrinya, Netty Heryawan, juga sedang dipertimbangkan PKS untuk diusung menjadi cagub Jabar 2018.
(rjo/tor)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed