DetikNews
Senin 17 Juli 2017, 16:13 WIB

Cerita Kepala BNPT soal Anak Buahnya yang Pernah Jadi Teroris

Edward Febriyatri Kusuma - detikNews
Cerita Kepala BNPT soal Anak Buahnya yang Pernah Jadi Teroris Kepala BNPT Suhardi Alius (Foto: Edward Febriyatri Kusuma/detikcom)
Bogor - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Suhardi Alius bercerita tentang mantan anak buahnya yang pernah menjadi teroris. Saat itu, Suhardi menjabat sebagai Kapolres Depok.

"Itu Sofyan Tsauri, anggota saya waktu jadi Kapolres Depok. Dulu (dia) pembaca doa yang saya kira bagus, kemudian saya kirim operasi Aceh (Gerakan Aceh Merdeka/GAM)," ujar Suhardi usai acara HUT ke-7 BNPT di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Senin (17/7/2017).

Sepulangnya dari Aceh, Sofyan disebut Suhardi menunjukkan gelagat aneh seperti teroris. Namun, kini menurut Suhardi, Sofyan telah tersadarkan.

"Saya kirim ke sana pulangnya jadi teroris. Sekarang sudah sadar. Kembali dari itu, saya bilang (teroris) bisa memasuki siapa saja, jurnalis juga banyak kok," ucap Suhardi.

Terlepas dari itu, Suhardi meminta agar terorisme tidak dikaitkan dengan organsisasi massa (ormas) tertentu. Menurutnya, doktrin radikalisasi bisa terjadi di mana saja.

"Jadi jangan lihat ormas, jangan buat fenomena itu. Tetapi siapa pun itu bisa tercemar, apalagi dengan konten-konten yang luar biasa di media sosial. Kalau 10 tahun yang lalu (pembentuk UU) nggak melihat itu, makanya revisi UU teroris sangat penting," tuturnya.

"Oleh karena itu butuh UU kuat, sehingga apsek pencegahan bisa dicapai," kata Suhardi menambahkan.
(edo/dhn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed