DetikNews
Senin 17 Juli 2017, 14:04 WIB

Perahu Karet Pengangkut 1 Ton Sabu Diangkat dari Kapal Wanderlust

Mei Amelia R - detikNews
Perahu Karet Pengangkut 1 Ton Sabu Diangkat dari Kapal Wanderlust Polisi amankan perahu karet yang diduga dipakai pelaku untuk membawa sabu seberat satu ton ke pinggir Pantai Anyer, Banten (Foto: Mei Amelia/detikcom)
FOKUS BERITA: Penyelundupan 1 Ton Sabu
Batam - Polisi telah menemukan perahu karet yang dipakai untuk mengangkut satu ton sabu dari tengah laut ke bibir Pantai Anyer, Serang, Banten. Barang bukti tersebut diangkat dari atas Kapal Wanderlust.

Barang bukti tersebut ditemukan di dalam dek belakang Kapal Wanderlust. Kapal tersebut saat ini masih disandarkan di Dermaga Bea Cukai Tipe B Batam, Tanjung Uncang, Batam.


Ada dua buah perahu karet dan tiga mesin tempel yang ditemukan di dalam dek belakang kapal. Untuk mengangkat ketiga mesin tempel tersebut, polisi menggunakan crane portable dari kendaraan taktis milik Direktorat Sabhara Polda Kepri karena cukup berat.

Polisi amankan perahu karet yang diduga dipakai pelaku untuk membawa sabu seberat satu ton ke pinggir Pantai Anyer, BantenPolisi amankan perahu karet yang diduga dipakai pelaku untuk membawa sabu seberat satu ton ke pinggir Pantai Anyer, Banten (Foto: Mei Amelia/detikcom)

Proses pengangkatan barang bukti dilakukan pada Senin (17/7/2017) pukul 10.00 WIB pagi tadi. Barang bukti tersebut rencananya akan dibawa ke Polda Metro Jaya untuk proses penyidikan lebih lanjut.

"Hasil diskusi kami dari Polda Metro, Polda Kepri, dan Bea Cukai sepakat besok (hari ini-red) kita akan bantu dari Polda Kepri untuk mengangkat kapal dilihat kompartemen bawah bagian-bagian mencurigakan. Nah dari situ akan dilakukan pembedelan, pembongkaran, apabila diduga masih ada barang bukti di dalam," jelas Kapolda Kepri Irjen Sam Budigusdian, Minggu (16/7) malam.


Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan menyampaikan bahwa sabu tersebut diangkut dari lepas pantai ke bibir Pantai Anyer, Serang, Banten, pada Kamis (13/7) dini hari dengan menggunakan perahu karet yang bermesin halus. Sabu seberat 1 ton itu diduga dicelupkan ke laut, kemudian ditarik oleh dua perahu karet tersebut hingga ke bibir pantai.

Upaya penyelundupan sabu tersebut digagalkan oleh tim gabungan dari Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya dan Polresta Depok yang dipimpin oleh Kombes Pol Nico Afinta dan Kombes Pol Herry Heryawan. Ada empat orang WN Taiwan penyelundup sabu yang ditangkap, di mana satu di antaranya ditembak mati karena melawan.


Setelah itu, tim menangkap Kapal Wanderlust yang diduga kuat mengirimkan sabu tersebut dari Taiwan. Ada lima orang kru kapal berbendera Siera Leone yang diamankan tim gabungan Polda Metro Jaya, Polda Kepri dan Bea Cukai Batam, saat melintas di perairan Tanjung Berakit, Pulau Bintan, Kepri, pada Sabtu (15/7) malam lalu.
(mei/jbr)
FOKUS BERITA: Penyelundupan 1 Ton Sabu
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed