DetikNews
Minggu 16 Juli 2017, 15:44 WIB

Kanwil Kumham Riau: 58 Napi Narkoba Dipindahkan

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Kanwil Kumham Riau: 58 Napi Narkoba Dipindahkan
Jakarta - Sebanyak 58 napi dari Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru dipindahkan ke Kab Kampar dan Indragiri Hilir (Inhil) Riau. Mereka umumnya merupakan napi yang tersandung kasus narkoba.

"Hari ini ada 58 napi kita pindahkan. 50 napi ke Lapas Bangkinang di Kab Kampar dan 8 napi lagi di Lapas Tembilahan, Kab Inhil," kata Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkum HAM) Riau, Dewa Putu Gede saat ditemui detikcom di Rutan Pekanbaru, Minggu (16/7/2017).

Dewa menjelaskan, dalam kerusuhan yang terjadi tadi malam, tidak ada menimbulkan korban jiwa. Awalnya pihaknya akan memindahkan sekitar 20-an napi saja. Namun belakangan sempat terjadi penolakan dari napi lain. Sehingga jumlah yang dipindahkan akhirnya bertambah menjadi 58 orang.

"Mereka ini umumnya tersandung kasus narkoba, ada sebagian tersandung tidak pidana umum," kata Dewa.

Pemindahan tersebut dilakukan, katanya, agar para napi narkoba ini tidak mempengaruhi napi dan tahanan lainnya yang ada di Rutan Pekanbaru.

"Mereka (napi narkoba) kita pindahkan untuk memberikan rasa nyaman bagi napi dan tahanan yang ada. Kan tau sendiri, bagaimana napi narkoba itu. Mereka selalu mempengaruhi warga Rutan lainnya," kata Dewa.

Dewa juga mengucapkan terima kasih atas bantuan TNI/Polri dan Pemda setempat atas partisipasinya dalam mengamankan Rutan Pekanbaru.

"Saya berterima kasih atas segala bantuan TNI/Polri dan Pemda di sini. Saya juga katakan, bahwa proses pemindahan napi berjalan lancar dan aman. Sempat terjadi kericuhan, tapi semuanya bisa kita atasi bersama dan tidak ada korban jiwa," tutup Dewa.
(cha/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed