DetikNews
Minggu 16 Juli 2017, 07:25 WIB

Sindir PAN, PDIP: Dukung Pemerintah Bukan Cuma Soal Menteri

Eko Sudjarwo - detikNews
Sindir PAN, PDIP: Dukung Pemerintah Bukan Cuma Soal Menteri Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (Foto: Jabar Ramdhani/detik.com)
Lamongan - Setelah saling sindir soal kebandelan di koalisi, kini PDIP kini kembali melempar 'anak panah' ke PAN soal komitmen mendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla (JK). PDIP berharap komitmen itu ditunjukkan bukan karena kursi menteri, tapi juga ditunjukkan ke DPR.

"Setiap parpol pengusung pak Jokowi JK kita harapkan betul-betul konsisten di dalam menyatakan dukungannya. Yaitu dukungan bukan hanya sekedar menempatkan menteri, bukan hanya mendukung pak Jokowi tetapi dalam implementasi kebijakan termasuk di DPR," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto usai acara konsolidasi internal partai di Lamongan, Sabtu (15/7/2017).



Sejalan dengan hal itu, Hasto mengatakan PDIP mendukung perombakan (reshuffle) kabinet demi mempercepat efektivitas program pemerintahan. Jika dibutuhkan, PDIP juga siap memberikan penilaian seperti rapor untuk para menteri.

"Sekiranya pak presiden meminta kami akan memberikan (rapor menteri). Dalam mekanisme sistem presidensial, kewenangan untuk melakukan reshuffle sepenuhnya di tangan bapak presiden," ucap Hasto.



PDIP menyebut perombakan kabinet dilakukan untuk meningkatkan efektivitas dan percepatan program pemerintahan Presiden Jokowi. Apalagi masih banyak Pekerjaan Rumah (PR) yang harus cepat diselesaikan Jokowi.

"Reshuffle hanya bisa dilakukan atas kehendak bapak presiden, reshuffle dilakukan untuk meningkatkan efektivitas dan percepatan program-program pemerintahan Jokowi-JK. Dengan demikian sekiranya bapak presiden akan melakukan itu, PDIP akan memberikan dukungan sepenuhnya demi efektivitas dan tugas-tugas pemerintahan Pak Jokowi yang tidak ringan, mengingat program kerakyatan Pak Jokowi begitu banyak," kata Hasto.

"Dan kita lihat ketika Pak Jokowi memimpin presiden, banyak persoalan-persoalan di masa lalu, akibat hutang luar negeri yang begitu besar, beban subsidi BBM yang begitu besar. Sehingga pak Jokowi mengambil sebuah langkah-langkah tegas untuk menyehatkan ekonomi nasional kita dan hasilnya sangat nyata, infrastruktur dibangun di mana-mana, Lebaran bisa berjalan dengan lebih baik, harga kebutuhan pokok rakyat stabil sehingga kami memberikan dukungan sepenuhnya demi efektivitas pemerintahan Pak Jokowi itu," ucap Hasto.


(ams/ams)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed