DetikNews
Jumat 14 Juli 2017, 22:51 WIB

Menteri Susi dan Menhub Sambangi Kejagung Nonton Wayang

Yulida Medistiara - detikNews
Menteri Susi dan Menhub Sambangi Kejagung Nonton Wayang Menhub Budi Karya dan Menteri Susi di Kejagung (Yulida Medistiara/detikcom)
Jakarta - Menteri Kelautan dan PerikananSusiPudjiastuti serta Menteri Perhubungan Budi KaryaSumadi menyambangi Kejaksaan Agung. Kedatangan mereka untuk menonton wayang bersama Jaksa Agung HMPrasetyo.
Susi dan Budi Karya hadir di Kejagung sekitar pukul 20.30 WIB. Acara ini dibuka sekitar pukul 21.30 WIB oleh Prasetyo.
Di tengah acara yang sedang berlangsung, Mendagri Tjahjo Kumolo hadir di Kejagung. Hadir pula beberapa tamu lainnya yang hadir, seperti Kepala Bea dan Cukai Heru Pambudi dan Dirtipid Eksus Bareskrim Polri Brigjen Agung Setya.
Dalam sambutannya, Prasetyo menyebut pergelaran menonton wayang ini dilakukan dalam rangka Hari Bakti Adhyaksa ke-57. Pergelaran wayang ini dibawakan dalang Ki Manteb Soedharsono, yang memainkan lakon 'Romo Tambak'.
Prasetyo memiliki alasan mendalam memilih menggelar pertunjukan wayang. Menurutnya, di tengah situasi bangsa saat ini yang sedang banyak kegaduhan dan intoleran, diharapkan ada hikmah dan pelajaran kehidupan yang bisa diambil dari lakon tersebut.
"Begitu banyaknya petuah dan pesan moral. Yang kita tahu adat dan istiadat selama ini cenderung dilupakan, bahkan ditinggalkan. Sejak lama di bagian teguh sejak lama hanya untuk diingat, tapi juga untuk dijalankan dan diamalkan. Itu juga membuat keharmonisan kita penuh kesejukan dan wayang sesuatu budaya bangsa yang mengajarkan saat itu," kata Prasetyo di Kejagung, Jalan Sultan Hasanuddin, Jakarta Selatan, Jumat (14/7/2017).
Ia berharap lakon yang dimainkan dalang Ki Manteb ini dapat dijadikan pelajaran dan hikmah bagi penonton, yang merupakan jaksa-jaksa muda.
"Mengapa memilih lakon 'Romo Tambak' ini ceritanya betapa pentingnya semangat persatuan dan persatuan untuk mengatasi kendala dan tantangan dan cobaan yang dalam langkah perbaikan menggapai harapan serta cita-cita luhur yang kita harapkan. Saya harap kita mau meneladani termasuk di institusi kita," imbuhnya.


(yld/bis)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed