DetikNews
Jumat 14 Juli 2017, 19:29 WIB

Ada Kekuatan yang Ingin 'Goyang' Susi, BIN Kantongi Data Kartel

Fitang Budhi Adhitia - detikNews
Ada Kekuatan yang Ingin Goyang Susi, BIN Kantongi Data Kartel Kantor BIN (Istimewa)
Jakarta - Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan (BG) mengatakan ada kekuatan mafia kartel yang ingin menggoyang posisi Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. BIN mengaku sudah mengantongi nama-nama kartel tersebut.

"Dengan Pak Kepala (BG) menyatakan, tentunya beliau punya (datanya)," kata Deputi VI Bidang Komunikasi dan Informasi BIN Sundawan seusai pertemuan dengan asosiasi nelayan di Hotel Bidakara, Jl Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jumat (14/7/2017).



Sundawan mengatakan pihaknya belum memberikan informasi mengenai kartel pangan dan energi tersebut ke polisi. Sundawan menyebut penelusuran kartel pangan dan energi itu masih dalam proses.

"Saya kira tidak bisa karena itu bagian dari proses. Belum disampaikan juga karena ini masih bagian dari proses," katanya.



Untuk meluruskan isu soal kartel pangan dan energi itu, asosiasi nelayan melakukan audiensi dengan Sundawan, yang hadir mewakili institusinya. Wakil Komisi IV DPR Daniel Johan, yang ikut dalam pertemuan antara nelayan dan BIN itu, mengaku bersyukur kesalahpahaman dari statement BG sudah diselesaikan. Sebagai perantara, Daniel lega kartel yang dimaksud bukan nelayan.

"Yang pertama, tentu kita sudah menjembatani nelayan-nelayan, seluruh stakeholder yang sempat berpikir apa maksud dari pernyataan Pak Kepala BIN dan sudah saling mengklarifikasi masing-masing," tutur Daniel.

"Yang pasti, tadi saya sudah tegaskan yang dimaksud bukannya nelayan, stakeholder perikanan, tetapi ini bagian dari peringatan dini agar reaksi-reaksi nelayan yang terdampak itu tidak dimanfaatkan untuk hal-hal yang di luar kepentingan nelayan," ucap Daniel.



Sebelumnya, BG mengatakan ada operasi intelijen yang sangat masif dengan tujuan menjatuhkan produk lokal. Selain itu, kondisi ekonomi Indonesia dikuasai kartel pangan dan energi yang sulit diberantas.

Kekuatan kartel itu disebut ingin menyingkirkan Susi dari posisi menteri. Bahkan BG menyebut salah satu serangan balik terhadap Susi yang berusaha memberantas kartel adalah dengan demo-demo nelayan beberapa waktu lalu.
(ams/fdn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed