DetikNews
Jumat 14 Juli 2017, 16:48 WIB

Soal Pernyataan Kepala BIN, Ini Kata Menteri Susi

Angga Aliya - detikNews
Soal Pernyataan Kepala BIN, Ini Kata Menteri Susi Foto: Lamhot Aritonang/detikcom
Jakarta - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Budi Gunawan berbicara soal adanya kekuatan yang ingin mengacaukan situasi bangsa. Salah satunya kekuatan yang menginginkan Susi Pudjiastuti dicopot dari jabatan Menteri Kelautan dan Perikanan.

Menurut Susi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga sudah mewanti-wanti bahwa tugas Susi memberantas mafia tidak akan mudah dan banyak tantangan. Tak hanya mafia di sektor kelautan dan perikanan, tapi juga di sektor lain.

"Pak Presiden kan juga pernah sempat bicara bahwa pemberantasan illegal fishing, pembubaran Petral, membuat pihak-pihak yang terkena tidak suka," kata Susi kepada detikFinance, Jumat (14/7/2017).


Pihak-pihak terdampak inilah yang menurut Susi akhirnya tidak menyukai kebijakan yang diterapkan pemerintah. Akhirnya berbagai cara digunakan untuk menggulingkan pembuat kebijakan.

Sebelumnya, cara yang digunakan para mafia ini adalah cara halus. Contohnya menawari Susi Rp 5 triliun supaya lengser dari jabatannya.

Tawaran tersebut ditolak mentah-mentah oleh Susi. Namun pihak-pihak gelap tersebut tidak berhenti begitu saja dan mencari cara lain untuk menjatuhkan Susi.


Para mafia alias kartel ini juga diduga menguasai sektor pangan dan energi. Kepala BIN Jenderal Budi Gunawan mengakui hal ini sulit diberantas.

"Ekonomi Indonesia dikuasai kartel pangan dan energi. Ini sangat sulit diberantas karena jaringan mereka sangat kuat," ujar Budi kemarin.

"Contoh Bu Susi sekarang sedang mengalami serangan balik yang sangat kuat demo nelayan. Kekuatan inilah yang bermain untuk Ibu Susi diganti," tutur Budi.
(ang/tor)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed