DetikNews
Jumat 14 Juli 2017, 15:56 WIB

Pansus Hak Angket KPK Terima Dukungan JIN

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Pansus Hak Angket KPK Terima Dukungan JIN Foto: Pansus Angket KPK terima dukungan JIN. (Gibran Maulana/detikcom).
Jakarta - Tak hanya penolakan, Panitia Khusus (Pansus) Hak Angket KPK hari ini juga mendapat dukungan. Dukungan kali ini datang dari dua kelompok.

Dukungan diterima Pansus di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (14/7/2017). Pansus Hak Angket yang dipimpin sang ketua, Agun Gunandjar Sudarsa, menerima dua kelompok itu.

Kelompok pertama menamakan diri sebagai Koalisi Masyarakat Pendukung Pansus KPK. Kemudian kelompok kedua bernama Jaringan Islam Nusantara (JIN).

Kelompok pertama menyatakan mendukung Pansus KPK karena menilai perlu ada evaluasi total terhadap lembaga antirasuah itu. Kemudian kelompok kedua, JIN menuding KPK melakukan mobilisasi massa untuk melawan Pansus.

"Kami muak dengan mobilisasi opini, mobilisasi massa oleh KPK," ungkap Ketua Presidium JIN, Razikin Juraid saat menyatakan dukungannya.


"Pansus KPK adalah satu institusi yang disediakan negara. KPK berjalan 15 tahun, indeks korupsi kita tidak menurun," imbuhnya.

Sebelumnya di hari yang sama, Pansus angket KPK juga menerima petisi penolakan. Penolakan terhadap Pansus Angket KPK datang dari PP Pemuda Muhammadiyah.

Madrasah Anti Korupsi PP Pemuda Muhammadiyah menjadi perwakilan audiensi yang berlangsung di gedung DPR, Senayan, Jakarta (14/7). Mereka dipimpin Direktur Madrasah Anti Korupsi PP Pemuda Muhammadiyah, Virgo Sulianto Gohardi, dan juga ditemui langsung oleh Ketua Pansus KPK Agun Gunandjar.

"Penolakan kami bukan karena desakan tapi murni nalar kami yang lurus," kata Virgo menjelaskan alasan penolakan terhadap angket KPK.
(gbr/elz)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed