DetikNews
Kamis 13 Juli 2017, 15:13 WIB

4 Napi WNA Dibantu 2 Orang di Bandara Usai Kabur dari LP Kerobokan

Prins David Saut - detikNews
4 Napi WNA Dibantu 2 Orang di Bandara Usai Kabur dari LP Kerobokan Rekonstruksi kaburnya empat napi dari LP Kerobokan, Bali (David/detikcom)
Denpasar - Polres Badung menggelar rekonstruksi pelarian empat WNA napi di LP Kerobokan dan Bandara Ngurah Rai, Bali. Uniknya, rekonstruksi di Bandara Ngurah Rai menunjukkan adanya dua orang yang membantu.

Berdasarkan informasi dari Direktorat Reskrimsus Polda Bali, Kamis (13/7/2017), Dimitar Nikola Iliev (43) asal Bulgaria dan Sayed Mohammed Said (31) asal India menuju ke Bandara Ngurah Rai setelah kabur melalui terowongan di LP Kerobokan. Sedangkan Shaun Edward Davidson (33) dan Tee Kok King (50) masih jadi buron sehingga belum diketahui apa yang mereka lakukan selepas meninggalkan LP.

Setelah mengganti baju di sebuah proyek rumah di Jl Mertanadi, sisi utara LP Kerobokan, Dimitar dan Sayed berjalan kaki hingga simpang Jl Sunset Road-Jl Mertanadi, Kuta. Di simpang itu, keduanya menumpangi taksi yang kebetulan melintas.

Taksi diberhentikan Dimitar di Jl By Pass, Ngurah Rai, dekat akses Bandara Ngurah Rai. Dimitar dan Sayed bertemu dengan seseorang bernama Niko, yang diketahui berasal dari Bulgaria.

Niko memberikan koper hijau berisi uang tunai Rp 25 juta dan USD 1.000 kepada Dimitar. Setelah menerima uang tersebut, Niko meninggalkan lokasi, sementara Dimitar dan Sayed membeli makanan dan minuman ringan.

Dimitar dan Sayed kemudian menyewa taksi kembali menuju Terminal Domestik Bandara Ngurah Rai dan bertemu dengan seseorang bernama Alex. Pria bernama Alex itu memberikan boarding pass Lion Air tujuan NTT kepada Dimitar dan Sayed dengan upah Rp 10 juta.

Masih belum diketahui identitas yang digunakan keduanya ketika melewati security check point menuju ruang tunggu Gate 5. Namun informasi menyatakan keduanya menunjukkan paspor dan boarding pass ketika memasuki security check point kedua.

Rangkaian rekonstruksi di Bandara Ngurah Rai ini selesai pada pukul 11.30 Wita. Jumlah personel yang diterjunkan Polda Bali dan Polres Badung untuk mengamankan rekonstruksi ini sebanyak 500 personel.

"Total ada 66 adegan, 32 adegan di LP Kerobokan dan 34 adegan di Bandara Ngurah Rai. Untuk yang membantu mereka, statusnya masih saksi," kata Wadir Reskrimsus Polda Bali AKBP Ruddi Setiawan saat dikonfirmasi.
(vid/idh)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed