DetikNews
Kamis 13 Juli 2017, 11:43 WIB

Rossi Jatuh di Jayapura, Ini Cara Unik Polisi Imbau Pengendara

Audrey Santoso - detikNews
Rossi Jatuh di Jayapura, Ini Cara Unik Polisi Imbau Pengendara Banner unik yang dipasang personel Satlantas Polres Jayapura Kota untuk mengimbau pengendara. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta - Banner bertuliskan kata-kata nyeleneh terpasang di salah satu tikungan jalan di Jayapura, Papua. Banner itu sengaja dipasang personel Satuan Lalu Lintas Polres Jayapura Kota yang ditujukan untuk pengendara.

"Kalau bahasanya landai-landai saja, tidak menarik. Kalau dikasih inovasi begitu, kan sangat-sangat bagus. Ibaratnya, Rossi saja pernah jatuh, apalagi ente yang tidak ahlinya," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes AM Kamal ketika berbincang dengan detikcom, Kamis (13/7/2017).

Dari gambar yang beredar, kata-kata yang tertulis di banner tersebut ialah 'JANGAN MENDAHULUI. TIKUNGAN TAJAM. VALENTINO ROSSI PERNAH JATUH DI SINI'. Turut disertakan juga gambar pembalap Moto GP Valentino Rossi yang terjatuh di sebuah tikungan.

Kamal mengatakan ide membuat kata-kata nyeleneh itu berasal dari para Polisi Lalu Lintas setempat. Mereka menduga, jika yang ditampilkan hanya kata-katanya normatif, imbauan tak akan mengena pada pengendara.

"Itu ide rekan-rekan di Lantas. Kreatif-kreatif. Kalau cuma tulisan 'Hati-hati, Tikungan Tajam', kan orang tidak perhatikan, barangkali tidak dibaca," ujar Kamal.

Kamal menjelaskan ada tiga faktor kecelakaan, yaitu kondisi jalan, cuaca, dan pengendara itu sendiri. "Makanya harus pengendalian diri. Kecelakaan itu kan terjadi karena faktor jalannya, cuacanya, dan orangnya," ucap Kamal.
(aud/jbr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed