DetikNews
Kamis 13 Juli 2017, 10:30 WIB

Begini Jalanan di Palangka Raya, Calon Ibu Kota RI

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Begini Jalanan di Palangka Raya, Calon Ibu Kota RI Jalanan yang lengang di Palangka Raya (Noval/detikcom)
Palangka Raya - Setiap pagi jalanan di Ibu Kota Jakarta selalu macet parah. Kemacetan tak hanya terjadi di ruas protokol, bahkan menghampiri ke gang-gang di kompleks perumahan.

Namun suasana itu tidak ditemui di Kota Palangka Raya, yang saat ini tengah diwacanakan menggantikan Jakarta sebagai ibu kota negara Indonesia. Jalanan di Palangka Raya lengang dan bebas macet.

detikcom menjajal Jalan Tjilik Riwut, yang menjadi salah satu jalan protokol di Palangka Raya, Kamis (13/7/2017). Perjalanan sejauh 10 kilometer menuju pusat kota dari Tjilik Riwut hanya ditempuh dalam 10 menit.

"Jalanan di Palangka Raya ini memang seperti ini (sepi). Ini saja, kalau lampu merah seperti ini, mobil yang jalan di seberang sudah habis sebelum lampunya hijau, sudah habis mobilnya," ujar warga Palangka Raya, Syahril, saat ditemui detikcom.


Begini Jalanan di Palangka Raya, Calon Ibu Kota RILengangnya jalanan di Palangka Raya (Noval/detikcom)

Selain jalanan yang lengang, trotoar jalan yang ada di Kota Palangka Raya sangat ramah bagi pejalan kaki. Tidak ditemukan pedagang kaki lima dan pengendara motor yang menggunakan trotoar di Jalan Tjilik Riwut.

Jalan Tjilik Riwut merupakan jalan utama yang menghubungkan Kota Palangka Raya dengan berbagai daerah di Kalimantan Tengah. Jalan ini akan berujung di pusat Kota Palangka Raya, tepatnya di bundaran besar yang menjadi ikon kota ini.

Jalan ini dibangun oleh insinyur Rusia dengan kontur jalan yang sangat kuat. Hampir tidak ditemukan gelombang dan lubang di jalan tersebut.

"Tjilik Riwut itu nama gubernur pertama kami di Kalimantan Tengah. Karena itu mungkin namanya diabadikan di jalan ini," katanya.

Begini Jalanan di Palangka Raya, Calon Ibu Kota RIJalanan di Palangka Raya (Noval/detikcom)

(rvk/try)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed