Soroti Area Tambang, Kepala Data BNPB: Inikah Ekonomi Pancasila?

Dhani Irawan - detikNews
Kamis, 13 Jul 2017 08:03 WIB
Sutopo Purwo Nugroho (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menyoroti area-area tambang di Indonesia. Sutopo pun menyertakan foto area tambang dari udara.

Dilihat dari akun Twitter Sutopo di @Sutopo_BNPB, Kamis (13/7/2017), Sutopo awalnya mengunggah foto satelit tambang Newmont di Sumbawa. Foto itu diambil dari ketinggian 600 kilometer.

Soroti Area Tambang, Kepala Data BNPB: Inikah Ekonomi Pancasila?Foto: Screenshot Twitter Sutopo Purwo Nugroho


"Tambang Newmont di Sumbawa yang kian berlubang difoto dari satelit di orbit ketinggian 600km. Antara berkah dan musibah 'Nihi Sumba Island'," tulis Sutopo di akun Twitternya itu.

Setelah itu, ada 2 foto lainnya yang juga masih berkaitan dengan area tambang. Dua lokasi penambangan yaitu di Riau dan Halmahera.

Soroti Area Tambang, Kepala Data BNPB: Inikah Ekonomi Pancasila?Foto: Screenshot Twitter Sutopo Purwo Nugroho


Dari 2 twit terakhir itu, Sutopo menambahkan hashtag atau tanda pagar (tagar) #EkonomiPancasila.

"Penampakan tambang Gasowong di Halmahera. Ekonomi kuat yang bisa mengekploitasi alam. Inikah ekonomi Pancasila? #EkonomiPancasila," tulis Sutopo.

"Penambangan pasir-bauksit di Kepulauan Riau difoto dari satelit QuickBird di ketinggian 450km. Inikah Ekonomi Pancasila? #EkonomiPancasila," ujar Sutopo di twit lainnya. (dhn/dhn)