DetikNews
Rabu 12 Juli 2017, 18:04 WIB

Eks Dirjen Dukcapil Bantah Suruh Johanes Tan Bantu Andi Narogong

Rina Atriana - detikNews
Eks Dirjen Dukcapil Bantah Suruh Johanes Tan Bantu Andi Narogong Terdakwa Irman, berbaju ungu (Agung Pambudhy/detikcom)
FOKUS BERITA: Sidang Lanjutan e-KTP
Jakarta - Mantan Dirjen Dukcapil Irman membenarkan adanya pertemuan dengan Andi Narogong atau Andi Agustinus di ruangannya, kantor Kemendagri. Hanya, Irman membantah bila dikatakan akan membantu Andi Narogong dalam pengurusan proyek e-KTP.

"Kedatangan Andi Narogong ke terdakwa I (Irman) di ruang kerjanya hanya untuk memperoleh informasi mengenai proyek penerapan e-KTP. Terdakwa I tidak pernah memerintahkan Johanes Tan untuk membantu Andi Narogong dalam persiapan proyek e-KTP," ujar penasihat hukum saat membacakan pleidoi Irman dan Sugiharto di Pengadilan Tipikor, Jl Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Rabu (12/7/2017).

"Walaupun yang bersangkutan memberitahukan berminat mengerjakan proyek e-KTP, Andi Narogong tidak pernah memberitahukan identitas perusahaannya," imbuhnya.

Johanes Tan atau Johanes Richard Tanjaya merupakan mantan Direktur PT Java Trade Utama, yang juga anggota tim IT dalam proyek e-KTP. PT Java Trade Utama pernah mengerjakan proyek SIAK Kemendagri tahun 2009.


Dalam persidangan sebelumnya, Irman juga membantah keterangan Johanes Tan soal tim Fatmawati yang bertugas memenangkan Konsorsium PNRI dalam proyek e-KTP.

Johanes pernah menyebut sempat ada pertemuan dengan pengusaha Andi Agustinus alias Andi Narogong di Hotel Sultan, termasuk pertemuan dengan tim Fatmawati, di ruko milik Andi Narogong. Dalam pertemuan yang diikuti beberapa tim itu, Johanes mengaku ditunjuk menjadi ketua rapat tim untuk memenangkan Konsorsium PNRI.

Soal pertemuan di Hotel Sultan itu, Irman mengaku hanya bicara soal kesempatan perusahaan mengikuti lelang e-KTP. "Mau gabung silakan mencari terbaik masyarakat dan negara," tutur Irman di sidang Kamis, (20/4).
(rna/rvk)
FOKUS BERITA: Sidang Lanjutan e-KTP
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed