DetikNews
Rabu 12 Juli 2017, 15:47 WIB

Di Sini Sukarno Tancapkan Tiang Simbol Pembangunan Palangka Raya

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Di Sini Sukarno Tancapkan Tiang Simbol Pembangunan Palangka Raya Monumen Sukarno di Palangka Raya (Noval/detikcom)
Palangka Raya - Tanggal 17 Juli 1957, Proklamator dan Presiden Pertama RI Ir Sukarno menancapkan tiang sebagai simbol pembangunan pertama Palangka Raya sebagai ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah. Sebuah monumen kini berdiri kokoh di titik tempat Sukarno menancapkan tiang.

detikcom mengunjungi monumen tersebut di Jalan S Parman, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Rabu (12/7/2017). Lokasinya berada di pusat Kota Palangka Raya.

Di Sini Soekarno Tancapkan Tiang Simbol Pembangunan Palangka RayaMonumen Sukarno di Palangka Raya (Noval/detikcom)

Ke arah barat, monumen tersebut berjejer lurus dengan kantor DPRD Kalimantang Tengah, rumah jabatan gubernur, Istana Isen Mulang, dan Bundaran Besar yang menjadi simbol Palangka Raya. Ke arah timur, posisi monumen tersebut tepat berada di pinggiran Sungai Kahayan.

"17 Juli 1957 Pemantjangan Tiang Pertama Kota Palangka Raya Ibu Kota Propinsi Kalimantan Tengah Oleh: P.M.J Presiden RI Dr. Ir. Soekarno," jelas tulisan yang tertera di monumen tersebut.

Baca Juga: Mimpi Sukarno di Rimba Palangka Raya

Di samping monumen tersebut berdiri kokoh patung Sukarno yang sedang menunjuk ke arah monumen. Patung tersebut diresmikan tahun 2016 oleh Menpora Imam Nahrawi dan Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran.

Berjalan ke arah timur, terdapat sebuah dermaga yang menyajikan hamparan Sungai Kahayan dari dekat. Dari dermaga tersebut juga terlihat jembatan Kahayan yang menghubungkan Kota Palangka Raya dengan berbagai daerah di Kalimantan Tengah.

Di Sini Soekarno Tancapkan Tiang Simbol Pembangunan Palangka RayaMonumen Sukarno di Palangka Raya (Noval/detikcom)



(nvl/rvk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed