DetikNews
Rabu 12 Juli 2017, 14:53 WIB

Penjelasan Eks Dirjen Dukcapil Soal Rp 50 juta ke Gamawan Fauzi

Rina Atriana - detikNews
Penjelasan Eks Dirjen Dukcapil Soal Rp 50 juta ke Gamawan Fauzi Foto: Irman terdakwa e-ktp (Rina-detikcom)
FOKUS BERITA: Sidang Lanjutan e-KTP
Jakarta - Mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri mengakui menerima sedikitnya USD 500 ribu dari Andi Agustinus alias Andi Narogong. Sebanyak USD 200 ribu di antaranya diserahkan ke staf di Kemendagri bernama Suciyati untuk dikelola.

Dalam nota pembelaannya, Irman menuturkan, sebagian dari USD 200 ribu yang dikelola Suciyati selaku mantan Kabag TU Pimpinan Ditjen Dukcapil ada yang diberikan ke Sekjen Kemendagri kala itu Diah Anggraini dan Mendagri kala itu, Gamawan Fauzi.

"Uang Rp 1,298 miliar yang bersumber dari terdakwa 2 yang dikelola Suciyati Rp 1,371 miliar setelah dikurangi dengan yang diserahkan ke Diah Anggraini 22,5 juta dan Gamawan Fauzi sejumlah Rp 50 juta," ujar Irman saat membacakan pleidoi di Pengadilan Tipikor, Jl Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Rabu (12/7/2017).

"Dengan penjelasan uang Rp 1,371 miliar yang dikelola Suciyati adalah merupakan bagian dari uang USD 200 ribu yang saya terima dari terdakwa 2 sebagaimana yang dimaksud penerimaan 3 yang ditukarkan secara bertahap dari dolar AS menjadi rupiah," jelasnya.

Irman membantah menerima Rp 1 miliar dari terdakwa e-KTP lainnya, Sugiharto. Menurut Irman, Sugiharto juga telah menyatakan tak pernah menyerahkan uang tersebut baik langsung maupun melalui Josef Sumartono.

"Setelah saya konfirmasi lagi ke terdakwa 2, dengan tegas mengatakan ke saya bahwa terdakwa 2 tidak pernah menyerahkan uang Rp 1 miliar itu ke saya baik langsung maupun melalui Josep Sumartono," bantah Irman.

Irman secara keseluruhan telah mengembalikan USD 300 ribu dan Rp 50 juta kepada KPK. Selain dituntut 7 tahun bui, Irman juga diminta membayar uang pengganti USD 273.700, Rp 2.298.750.000 juta, dan SGD 6.000 oleh jaksa. Dalam pleidoinya, Irman menolak membayar uang pengganti tersebut.
(rna/rvk)
FOKUS BERITA: Sidang Lanjutan e-KTP
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed