DetikNews
Rabu 12 Juli 2017, 12:46 WIB

Terima Duit e-KTP, Eks Dirjen Kemendagri Tolak Bayar Uang Pengganti

Rina Atriana - detikNews
Terima Duit e-KTP, Eks Dirjen Kemendagri Tolak Bayar Uang Pengganti Terdakwa Irman (Foto: Agung Pambudhy-detikcom)
FOKUS BERITA: Sidang Lanjutan e-KTP
Jakarta - Selain dituntut 7 tahun bui, mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri Irman juga diminta membayar uang pengganti USD 273.700, Rp 2.298.750.000 juta, dan SGD 6.000. Dalam pleidoinya, Irman menolak membayar uang pengganti tersebut.

Sidang pembacaan pleidoi digelar di Pengadilan Tipikor, Jl Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Rabu (12/7/2017). Irman merasa uang yang dia terima tak sebesar yang diminta diganti oleh jaksa melalui tuntutannya.

"Uang yang pernah saya terima yang berkaitan dengan e-KTP adalah sebagai berikut dari Andi Agustinus alias Andi Narogong sejumlah USD 300 ribu, dan uang tersebut telah saya setorkan ke rekening penampungan KPK pada 8 Februari 2017," ujar Irman.

Selain itu, Irman juga mengaku menerima USD 200 ribu dari Sugiharto. Terdakwa lainnya yang juga bawahannya di Dirjen Dukcapil.

"Dari terdakwa dua sejumlah USD 200 ribu untuk keperluan penalangan tim supervisi e-KTP yang dikelola oleh Suciyati. Sejumlah Rp 50 juta terpakai untuk keperluan pribadi saya, uang tersebut telah saya setor ke rekening penampungan KPK pada 14 Desember 2016," tutur Irman.



Menurut Irman, uang yang dia kembalikan telah sesuai dengan hasil pemeriksaan penyidik KPK dan keterangan saksi di persidangan.

"Perlu juga saya sampaikan bahwa jumlah uang yang saya setorkan ke rekening penampungan KPK tersebut telah sesuai dengan hasil pemeriksaan dan petunjuk dari penyidik KPK yaitu Pak Damanik dan Pak Novel," jelas Irman.

"Berdasarkan uraian tersebut, saya mohon kepada Yang Mulia majelis hakim kiranya dapat membebaskan saya dari pembayaran uang pengganti," ucapnya.
(rna/rvk)
FOKUS BERITA: Sidang Lanjutan e-KTP
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed