DetikNews
Selasa 11 Juli 2017, 16:51 WIB

Pengacara HT Pakai Berkas Putusan BG di Sidang, Polri: Sah-sah Saja

Yulida Medistiara - detikNews
Pengacara HT Pakai Berkas Putusan BG di Sidang, Polri: Sah-sah Saja Sidang praperadilan Hary Tanoe di PN Jaksel, Selasa (11/7/2017). (Yulida M/detikcom)
FOKUS BERITA: Hary Tanoe Tersangka
Jakarta - Tim kuasa hukum Hary Tanoesoedibjo menggunakan berkas putusan praperadilan Budi Gunawan sebagai bukti di sidang lanjutan praperadilan kasus dugaan SMS ancaman. Polri menyebut hal itu sah-sah saja sebagai bentuk pembelaan.

"Sah-sah saja," kata salah satu kuasa hukum Polri dari Biro Hukum Polri, Veris, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jl Ampera Raya, Jaksel, Selasa (11/7/2017).

Kuasa hukum Hary Tanoe, M Maulana Bungaran, sebelumnya membawa berkas praperadilan Budi Gunawan yang diputus 2015 sebagai salah satu barang bukti. Berkas putusan praperadilan Budi Gunawan itu diambil dari website Mahkamah Agung.

"Kami ada membuktikan salah satu dari putusan Pak BG dari website MA, kan ada praperadilan Budi Gunawan. Ini sebagai pembanding sebenarnya. Kan mirip tuntutan yang diajukan dengan Pak Budi Gunawan," kata Maulana.

Alasan kuasa hukum menggunakan praperadilan Budi Gunawan, ada kemiripan dalam permohonan praperadilan HT, yaitu permintaan pembatalan status tersangka.

"Kemiripannya di sini memohon dibatalkannya penetapan tersangka dari klien kami. Kan praperadilannya," kata Maulana.

Kuasa hukum Hary lainnya, Munathsir Mustaman, menyebut pemakaian berkas praperadilan BG hanya untuk membuktikan proses penetapan tersangka merupakan kewenangan pengadilan karena dalam proses penyidikan kasus SMS ancaman ini diduga menyalahi KUHAP.

"Kami cuma mau membuktikan pengujian penetapan tersangka ini merupakan kewenangan pengadilan. Proses penetapan tersangka untuk laporan ini kan tidak sesuai prosedur," kata Munathsir.
(yld/fdn)
FOKUS BERITA: Hary Tanoe Tersangka
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed