Sekda DKI: Kondisi Setu Babakan Memprihatinkan

Dewi Irmasari - detikNews
Selasa, 11 Jul 2017 11:07 WIB
Sekda DKI Saefullah (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Saefullah menilai kondisi fisik Setu Babakan masih memprihatinkan. Salah satu penyebabnya, menurut Saefullah, adalah karena kurangnya agenda acara hiburan di Setu Babakan.

"Ini kalau tidak ada event kelihatannya tidak diperbaiki gitu," kata Saefullah kepada wartawan di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (11/7/2017).

Saefullah juga berpendapat fasilitas yang ada di Setu Babakan, yang terletak di kawasan Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, dinilai sudah lengkap. Namun memang masih memerlukan perbaikan.

"Masih banyak nih fisiknya, kemarin sore saya sampai malam ke sana, memprihatinkan, masih banyak sekali yang perlu diperbaiki," katanya.

Meskipun Setu Babakan memerlukan banyak perbaikan, dikatakan Saefullah, Pemprov DKI juga menginginkan setu itu menjadi destinasi wisata bagi para wisatawan, baik domestik maupun turis mancanegara yang berkunjung ke Jakarta.

"Nah, kita ingin ke depan ini menjadi salah satu destinasi buat para turis, baik domestik maupun internasional yang datang ke Jakarta," tuturnya.

Bukan tanpa alasan, Setu Babakan, menurut Saefullah, cocok menjadi destinasi wisata bagi para turis karena lokasi dan konsep budayanya yang bagus serta kawasannya yang luas dan rindang. Namun perlu ada penambahan pertunjukan untuk lebih menarik wisatawan.

"Gedung-gedungnya juga sudah ada, tinggal mungkin ditambah pertunjukan ini lebih rutin. Sabtu-Minggu itu kan turis datang, mesti ada pertunjukan di situ," paparnya.

Saefullah juga berencana mempromosikannya Setu Babakan lewat sejumlah prasarana transportasi publik, seperti terminal, stasiun, dan bandara di sekitar Jakarta.

"Itu diinfokan bahwa di Jakarta ini ada salah satu objek yang namanya Setu Babakan," ucapnya. (irm/dhn)