DetikNews
Selasa 11 Juli 2017, 04:09 WIB

Usut Teror Novel, Polisi Cek 21 Toko Kimia yang Jual Air Keras

Mei Amelia R - detikNews
Usut Teror Novel, Polisi Cek 21 Toko Kimia yang Jual Air Keras Foto: Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan (Vino-detikcom)
Jakarta - Selain memeriksa saksi-saksi dan membuat sketsa wajah pelaku, pihak kepolisian juga melakukan pelacakan ke sejumlah toko kimia yang menjual air keras untuk mengusut teror kepada penyidik KPK Novel Baswedan. Sudah ada 21 toko yang didatangi polisi.

"Toko kimia sudah kami identifikasi. Tentunya akan ke sana menanyakan pembeli-pembeli, kira-kira sebelum tanggal itu (kejadian)," ujar Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan di Jakarta, Senin (10/7/2017).

Polisi berharap menemukan petunjuk dari toko kimia tersebut. "Mudah-mudahan ada file dan CCTV di sana. Ada bon-nya, nota fakturnya. Kalau itu tertib, moga-moga bisa kami lakukan (penelusuran pelaku)," sambungnya.


Sejauh ini, polisi telah mendatangi 21 toko kimia. Akan tetapi, baru 6-7 toko kimia yang diperiksa polisi.

"Itu 21 (toko kimia) yang didata ya, yang sudah diperiksa 6 atau 7. Kan kami cari CCTV, faktur, tanggal-tanggal sebelum itu ya," tutur Iriawan.

Sementara polisi juga telah membuat sketsa wajah tiga orang diduga pelaku. Sketsa wajah tersebut dilukis berdasarkan keterangan tiga orang saksi yang mengaku melihat pelaku.


Iriawan sebelumnya menyatakan pihak polisi akan membawa hasil sketsa wajah pelaku itu ke Singapura untuk diperlihatkan kepada Novel. Ada 3 sketsa wajah pelaku yang dibuat polisi.

"Yang terakhir ini mungkin akan dibawa ke Singapura sama Dirkrimum. Karena begini, Novel kan tak melihat, yang melihat saksi-saksi. Kan kami tanya (ciri-ciri pelaku) ke saksi-saksi yang ada di lokasi. Kalau dia (Novel) lihat, enak sekali," jelasnya.
(mei/elz)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed