DetikNews
Minggu 09 Juli 2017, 08:46 WIB

Jokowi Dukung Kerja Sama Negara G20 dengan Afrika

Ray Jordan - detikNews
Jokowi Dukung Kerja Sama Negara G20 dengan Afrika Presiden Jokowi di Jerman (Foto: Laily Rachev/Biro Pers Setpres)
Jakarta - Presiden Joko Widodo mendukung kemitraan kerjasama antara negara G20 dengan Afrika. Apalagi Indonesia bersama Afrika sudah lama memperjuangkan kemerdekaan.

"Indonesia telah bersama dengan Afrika sejak awal, bersama memperjuangan kemerdekaan dan kesetaraan di antara negara dunia melalui Konferensi Asia Afrika pada tahun 1955," kata Presiden Jokowi saat sambutan dalam keterangan tertulis.

Presiden Jokowi mengatakan, Indonesia telah melakukan sejumlah kerja sama dengan negara-negara Afrika mengembangkan pembangunan dan perdamaian.

"Bersama Afrika Selatan, Indonesia menggagas New Asian-African Strategic Partnership (NAASP) tahun 2005 untuk memajukan kerja sama di bidang politik, ekonomi maupun sosial budaya. Kerja sama ini kemudian diperkuat pada tahun 2015," ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, bahwa secara khusus telah meletakkan politik luar negeri Indonesia untuk difokuskan kepada Afrika.

"Kita ingin mewujudkan kedekatan politik yang dibangun sejak 1955 menjadi kedekatan ekonomi yang nyata dengan menggalakkan investasi, mengurangi dan meniadakan hambatan pedagangan dan peningkatan kerja sama teknik," ucap Jokowi.

Jokowi menekankan, membangun bersama Afrika harus dilakukan tanpa merusaknya. Ia meyakini hanya dengan prinsip inilah pertumbuhan ekonomi Afrika dapat berlangsung secara berkelanjutan.

"Oleh karena itu, Indonesia mendukung G20 Africa Partnership dan pencapaian Agenda 2063 di Afrika melalui Compact with Africa," ucap Jokowi.

Untuk meningkatkan kerja sama ekonomi, Indonesia juga akan mengadakan Indonesia-Africa Forum 2018 sebagai platform untuk mendekatkan kalangan bisnis Indonesia dengan Afrika.


(fai/nkn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed