DetikNews
Sabtu 08 Juli 2017, 14:23 WIB

Jelang Haji 2017

Menag: Persiapan Haji Hampir Final, Tinggal Urusan Dokumen Jemaah

Zaenal Effendi - detikNews
Menag: Persiapan Haji Hampir Final, Tinggal Urusan Dokumen Jemaah Menag Lukman Hakim mengecek fasilitas jemaah di Madinah pada pertengahan Juni 2017. (Dok. Istimewa).
Surabaya - Menteri Agama Lukman Hakim memastikan sarana dan prasarana haji di Mekkah maupun Madinah sudah siap 100 persen. Hanya dokumen para jamaah yang belum seluruhnya tuntas.

"Haji alhamdulillah mendekati final, persiapan di Tanah Suci hampir 100 persen. Semua hotel di Mekkah dan Madinah, katering, transportasi," kata Lukman usai menghadiri Muktamar I Perkumpulan Lembaga Dakwah dan Pendidikan Islam Indonesia (PULDAPII) di hall Mina Asrama Haji Surabaya, Sabtu (8/7/2017).

Lukman mengaku pihaknya saat ini tinggal konsentrasi menuntaskan yang ada di Indonesia terkait dokumen perjalanan jemaah haji. "Tinggal konsentrasi di Tanah Air khusus dokumentasi perjalanan seperti paspor, visa harus diselesaikan secara bertahap," imbuh dia.

Belum selesai dokumen perjalanan haji dikarenakan bertambahnya jumlah jemaah yang akan berangkat pada 2017.

Lukman mengaku akan terus bekerja dan menyelesaikan dokumen perjalanan jemaah. Menurutnya, waktu yang dimiliki makin mepet karena 28 Juli merupakan pemberangkatan kloter pertama dari 13 embarkasi di Indonesia.

"Karena jumlah kita alami penambahan luar biasa dibanding tahun lalu. Penambahan 52.200 orang total sekarang sebanyak 221 ribu. Ini butuh fokus perhatian seksama karena sisa waktu tinggal hitungan hari," pungkas Lukman.
(bdh/try)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed