DetikNews
Sabtu 08 Juli 2017, 06:04 WIB

Hujan Deras, RS di Aceh Utara Ini Tergenang hingga Ganggu Aktivitas

Datuk Haris Molana - detikNews
Hujan Deras, RS di Aceh Utara Ini Tergenang hingga Ganggu Aktivitas Foto: Datuk Haris Molana
Lhokseumawe - Hujan deras mengguyur Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara sejak Jumat (7/7) sore hingga malam. Akibatnya, Rumah Sakit PMI Aceh Utara tergenang hingga mengganggu aktivitas pelayanan.

Sejumlah ruangan RS yang beralamat di Lhokseumawe itu tergenang. Hal itu dipengaruhi oleh letaknya yang lebih rendah dari badan jalan, apalagi saluran drainase kawasan tersebut tersumbat.

Informasi yang diterima detikcom, setiap kali turun hujan deras, RS tersebut selalu tergenang air sehingga kenyamanan keluarga pasien menjadi terganggu.
Hujan Deras, RS di Aceh Utara ini Tergenang Hingga Ganggu AktivitasFoto: Datuk Haris Molana

Ruangan yang kerap dimasuki air di antaranya ruang bersalin dan ruang anak-anak dengan ketinggian air mencapai 30 cm.

Melihat kondisi demikian, para petugas yang sudah melihat adanya gangguan terhadap kenyamanan pasien lantas dengan sigap membersihkan genangan air. Tujuannya agar tidak ada korban yang jatuh akibat lantai yang licin. Sementara itu, barang- barang bawaan keluarga pasien dipindahkan ke tempat yang lebih tinggi guna menghindari genangan.

"Hampir enam tahun hal seperti ini terjadi. Setiap hujan, rumah sakit pasti tergenang. Ini akibat letaknya yang lebih rendah dari badan jalan," kata Junaidi, seorang petugas keamanan RS, kepada detikcom, Jumat (7/7/2017) malam.
Hujan Deras, RS di Aceh Utara ini Tergenang Hingga Ganggu AktivitasFoto: Datuk Haris Molana

Pengaruh lainnya juga akibat drainase yang tidak berfungsi dengan baik selama ini. Selain Rumah Sakit PMI, kondisi seperti ini juga dialami sejumlah tempat di Kota Lhokseumawe. Jalan protokol serta pusat perbelanjaan di Lhokseumawe terendam jika hujan mengguyur daerah tersebut.
(jor/jor)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed