DetikNews
Jumat 07 Juli 2017, 16:13 WIB

Setop Pelaporan Kaesang, Polisi Telah Minta Keterangan Ahli Bahasa

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Setop Pelaporan Kaesang, Polisi Telah Minta Keterangan Ahli Bahasa Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto (Dewi Irmasari/detikcom)
FOKUS BERITA: Kaesang Dipolisikan
Jakarta - Polisi telah melakukan gelar perkara atas laporan Muhammad Hidayat terhadap putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep. Polisi juga telah meminta keterangan ahli bahasa sehingga akhirnya tidak menindaklanjuti laporan tersebut.

"Ahli bahasa, pokoknya ahli yang relevanlah ya," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (7/7/2017).

Setyo juga menerangkan penyetopan laporan ini juga didasari pertimbangan kredibilitas pelapor. Status Hidayat saat ini sebagai tersangka dan ditangguhkan penahanannya.

"Sudah itu, ada sudah dilalui gelar internal. Sudah keluar hasil gelar internal. Juga kemudian sudah minta keterangan ahli. Pertimbangannya, kita melihat juga yang melapor. Kalau mungkin yang melapor meyakinkan, ternyata yang melapor ini juga statusnya tersangka dan sekarang masih penangguhan," tuturnya.

Hidayat juga diketahui sering melaporkan orang kepada polisi hingga 60 kali. Modusnya adalah melaporkan orang atau lembaga kepada polisi dan mengajukan istrinya sebagai saksi.

"Saya mendapatkan laporan dari beberapa lembaga yang bersangkutan itu modusnya seperti itu. Misalnya lembaga A dilaporkan, kemudian nanti dikasih tahu ini sudah lapor polisi. Nanti yang dilaporkan polisi takut nih, dan yang lucu, ditanya saksinya siapa, 'Saksi istri saya'. Jadi, tiap kali melihat di internet gitu, istrinya dipanggil," tutur Setyo.

Yang terakhir, Hidayat mempolisikan Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto terkait dengan Police Movie Festival. Bahkan, sebelumnya, Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul pun pernah dilaporkan ke KIP.
(knv/rvk)
FOKUS BERITA: Kaesang Dipolisikan
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed