DetikNews
Kamis 06 Juli 2017, 17:45 WIB

Jaksa KPK Analisis Vonis Choel untuk Jerat Calon Tersangka Lain

Faieq Hidayat - detikNews
Jaksa KPK Analisis Vonis Choel untuk Jerat Calon Tersangka Lain Choel Mallarangeng mengacungkan jari telunjuknya (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Jaksa KPK akan menganalisis putusan Andi Zulkarnaen Mallarangeng alias Choel Mallarangeng. Analisis itu diperlukan untuk menelisik keterlibatan pihak-pihak lain yang belum dijerat KPK.

Salah satu poin yang muncul dalam putusan yaitu peran Wafid Muharam yang saat itu menjabat Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Dalam putusan Choel, Wafid disebut memberikan USD 550 ribu kepada Choel melalui mantan Kepala Biro Keuangan dan Rumah Tangga Kemenpora, Deddy Kusdinar. Wafid juga menjadi Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dan bertugas mengelola keuangan serta kegiatan teknis lainnya di Kemenpora.

"Itu jadi bahan untuk analisa, memang Hambalang ini masih ada pelaku yang akan diungkap lagi. Walau permohonan kuasa hukum kaitan pak Wafid itu dikesampingkan. Akan tetapi fakta yang muncul memang jelas, itu jadi bahan analisis kami," kata jaksa KPK M Takdir usai putusan dalam sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Kamis (6/7/2017).

Choel telah mengajukan diri sebagai justice collaborator perkara ini. Menurut Takdir, majelis hakim tidak mengungkap permohonan justice collaborator yang dalam tuntutan diajukan oleh Choel dan kuasa hukumnya.

"Kemudian yang tidak ungkap kaitannya dengan justice collaborator sebagaimana dalam tuntutan. Dalam sidang Pak Choel dan kuasa hukum sama sekali tidak ungkap permohonan justice collaborator pada majelis hakim, sehingga tidak dicantumkan di putusan," ujar Takdir.

Sebelumnya, Choel divonis 3 tahun 6 bulan penjara, denda Rp 250 juta, subsider 3 bulan kurungan. Choel terbukti bersalah menerima suap proyek Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) di Hambalang, Bogor.
(fai/dhn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed