Kemenlu Cek Identitas Bocah WNI Terduga ISIS yang Ditangkap Turki

ADVERTISEMENT

Kemenlu Cek Identitas Bocah WNI Terduga ISIS yang Ditangkap Turki

Danu Damarjati - detikNews
Kamis, 06 Jul 2017 10:11 WIB
Ilustrasi polisi Turki menggerebek sel milisi ISIS pada 2015. (Reuters/Sertac Kayar)
Jakarta - Di Turki, ada seorang bocah Indonesia yang ditangkap bersama 36 orang lain karena diduga terlibat ISIS. Kementerian Luar Negeri Indonesia kini mencoba memastikan identitas bocah yang ditangkap otoritas Turki itu.

"Kita sedang koordinasi untuk dapat informasi terkait hal ini," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir kepada detikcom, Kamis (6/7/2017).

Baca juga: Turki Tangkap 37 Terduga ISIS, Termasuk Seorang Bocah Indonesia

Kepolisian Turki menangkap orang-orang itu dalam operasi antiteror di sejumlah provinsi. Ada dua anak-anak, yang salah satunya berasal dari Indonesia. Bukan hanya melacak identitas si bocah, Kemenlu RI bahkan membuka peluang menyediakan bantuan hukum bagi bocah itu.

"Kita pasti akan segera minta akses konsuler untuk memastikan identitas kondisi yang bersangkutan dan memberikan bantuan hukum jika diperlukan," kata Arrmanatha.

Sebagaimana diberitakan, dalam operasi antiteror kepolisian Turki pada Selasa (4/7) itu, seorang pria juga ditangkap karena kedapatan membawa bahan peledak di perbatasan dengan Suriah. Pria itu mencoba melintas masuk secara ilegal ke Turki dari Suriah, dengan membawa 5,25 kilogram TNT dan sembilan detonator.

Otoritas Turki telah menahan lebih dari 5 ribu terduga anggota ISIS dalam beberapa tahun terakhir. Pejabat-pejabat Turki mengatakan otoritas Turki telah mendeportasi sekitar 3.290 milisi asing dari 95 negara. Otoritas Turki juga telah menolak setidaknya 38.269 orang untuk masuk ke negeri itu. (dnu/fjp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT