ADVERTISEMENT

Kemenhub: Serangan Sinar Laser Ganggu Penerbangan

Ray Jordan - detikNews
Rabu, 05 Jul 2017 14:46 WIB
Ilustrasi/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengingatkan berbahayanya sinar laser yang sengaja disorot ke atas. Sinar laser dapat membahayakan penerbangan pesawat.

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub, Agus Santoso menyebut ada 7 laporan pilot terkait penyalahgunaan laser (lasser attack) di Makassar, Sulsel. Serangan sinar laser terjadi pada sekitar pukul 18.00 WIB-21.00 WIB, Selasa (4/7).

"Gangguan ini sangat mengganggu konsentrasi pilot ketika hendak melakukan pendaratan pesawat jika sinar laser tersebut diarahkan ke cockpit pesawat. Bahkan dapat membuat temporary blind pada mata pilot jika sinar laser tersebut mengenai mata pilot," ujar Agus Santoso dalam keterangan tertulis, Rabu (5/7/2017).

Baca juga: Sinar Laser Ganggu Pendaratan 7 Pesawat di Makassar

Kemenhub mengingatkan agar warga Makassar ikut membantu menjaga keselamatan penerbangan. Makassar sambung Agus merupakan hub airport untuk tujuan timur Indonesia

"Mari kita sama-sama menjaga keselamatan penerbangan di Kota Makassar ini untuk kebaikan kita semua," sambungnya.

Penyalahgunaan sinar laser pada Ramadan dan Lebaran disebut Agus meningkat jika dibandingkan dengan waktu sebelumnya. Dalam 3 bulan, ada 15 kali serangan sinar laser. (fdn/fdn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT