DetikNews
Rabu 05 Juli 2017, 07:20 WIB

Kagumnya Yusuf Mansur pada Bunga Bangkai Milik Rhenald Khasali

Rina Atriana - detikNews
Kagumnya Yusuf Mansur pada Bunga Bangkai Milik Rhenald Khasali Postingan Yusuf Mansur soal bunga bangkai yang ditanam di rumah Rhenald Kasali (Foto: Dok. Instagram @yusufmansurnew)
Jakarta - Ekonom sekaligus Guru Besar UI Profesor Rhenald Kasali rupanya memiliki bunga bangkai yang ditanam di Rumah Perubahan yang didirikannya. Bunga tersebut menyita perhatian banyak orang, termasuk ulama kondang ustaz Yusuf Mansur.

"Bunga bangkai. Di kediaman Prof Rhenald Kasali. Mengagumkan. Tadi saya live kan di fb tadi pagi sekitar jam 10 pg," tulis caption Instagram Ustaz Yusuf.

Prof Rhenald menuturkan, Yusuf datang ke Rumah Perubahan begitu ia mengunggah foto bersama bunga bangkai di sebuah grup WhatsApp. Yusuf pun menyampaikan kekagumannya melalui postingan di Instagram.

"Beliau tertarik, karena lama tidak bertemu saya, dia melihat foto yang saya posting di grup. Dia liat postingan itu seketika itu juga bilang mau mampir," ujar Prof Rhenald saat dikonfirmasi, Selasa (4/7/2017).

Prof Rhenald menceritakan bunga bangkai tersebut ditanam sekitar 2007 lalu. Saat itu ada yang memberikan umbi-umbian ke Rumah Perubahan yang berlokasi di Jatimurni, Jakarta Timur.

"Sekitar 10 tahun lalu ada orang ngasih umbi. Kita pikir umbi biasa. Ternyata tumbuh pohon yang belakangan kita ketahui itu bunga bangkai. Kita tanam mula-mulanya di kebun. Di kebun juga ada sayuran, ada ubi, ada singkong, macem-macem. Sampai kita lihat ini kok bentuknya lain," tutur Prof Rhenald.

Menurut Prof Rhenald, bunga bangkai akan berbunga setiap 6 sampai 9 tahun sekali. Di Rumah Perubahan ada sekitar 14 varietas bunga bangkai, termasuk Raflesia Arnoldi.

"Kalau pas mekar, malam-malam itu bau sekali, karena dia makan serangga. Tetapi sensasi pohon yang begitu indah ini mengalahkan baunya," uraiProfRhenald.

Bunga bangkai. Di kediaman Prof Rhenald Kasali. Mengagumkan. Tadi saya live kan di fb tadi pagi sekitar jam 10pg.

A post shared by Yusuf Mansur (@yusufmansurnew) on Jul 3, 2017 at 4:51am PDT


(rna/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed