DetikNews
Selasa 04 Juli 2017, 17:00 WIB

Kata Menkeu soal Dana Parpol yang Bakal Naik Rp 111 M

Danang Sugianto - detikNews
Kata Menkeu soal Dana Parpol yang Bakal Naik Rp 111 M Menkeu Sri Mulyani saat rapat dengan Banggar DPR. (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Kemendagri berencana menaikkan dana bantuan untuk partai politik dari Rp 108 menjadi Rp 1.000 per suara. Kementerian Keuangan akan lebih dahulu menunggu pembahasan antara pemerintah dan DPR.

"Kita lihat saja nanti dalam undang-undang yang disepakati antara pemerintah dengan Dewan," kata Menkeu Sri Mulyani di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta Selatan, Selasa (4/7/2017).



Untuk 12 parpol peserta Pemilu 2014, saat ini pemerintah mengeluarkan dana bantuan sekitar Rp 13,42 miliar. Jika dana bantuan parpol dinaikkan menjadi Rp 1.000 per suara, pemerintah harus mengeluarkan anggaran sebesar Rp 124,92 miliar atau naik sekitar Rp 111 miliar.

Kenaikan dana parpol ini dikhawatirkan menjadi lahan korupsi baru. Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) menilai penambahan dana parpol belum diperlukan. Sebab, rencana itu akan membuat APBN membengkak.

"Fitra menolak itu. Tidak ada jaminan dana tersebut dapat mencegah korupsi," ungkap Deputi Sekjen Fitra Apung Widadi dalam perbincangan dengan detikcom, Selasa (4/7).



Sebelumnya diberitakan, pemerintah berencana menaikkan dana parpol 10 kali lipat dari Rp 108 menjadi Rp 1.000 per suara. Kemendagri sedang merancang revisi PP 5/2009 tentang Bantuan Keuangan kepada Partai Politik.

"Kami tahap pengusulan dan ini kan mau dibahas di RAPBN-P, tunggu nanti disahkan di anggaran," ujar Mendagri Tjahjo Kumolo, Senin (3/7).

Kata Menkeu Soal Dana Parpol yang Bakal Naik Rp 111 MIlustrasi (Andhika Akbaryansyah/detikcom)

(imk/fjp)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed