Menhub Budi Karya Beberkan Kunci Kelancaran Mudik 2017

Heldania Ultri Lubis - detikNews
Selasa, 04 Jul 2017 15:14 WIB
Menhub Budi Karya (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan bahwa kunci kesuksesan penyelenggaraan angkutan mudik lebaran tahun ini adalah jalinan komunikasi yang baik antar pihak terkait. Menurutnya, komunikasi yang baik itu menjadikan mudik lebaran tahun ini lebih baik jika dibanding tahun lalu.

"Penyelenggaraan mudik tahun ini saya mengatakan memang relatif lebih baik. Kuncinya adalah komunikasi dengan stakeholders dan pemudik-pemudik sekalian," ujat Budi usai menutup posko angkutan lebaran terpadu tahun 2017 yang berlangsung di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Selasa (4/7/2017).

Budi mengatakan, berbagai komunikasi sudah dilakukan untuk menjadikan arus mudik tahun ini berjalan lancar. Salah satunya adalah penambahan cuti lebaran satu hari pada Jumat (23/6) lalu.

"Jadi Alhamdulillah, meskipun cuma penambahan satu hari itu bisa memecah kepadatan pemudik. Arus mudik juga demikian, kita komunikasikan semua orang agar berangkat tidak mepet," katanya.

Selain itu, ia juga menyebut bahwa adanya imbauan kepada angkutan barang seperti truk untuk menunda perjalanan di jalur arus balik lebaran merupakan hasil komunikasi yang baik antara Kemenhub dan Kementerian PUPR. Dengan adanya imbauan tersebut, truk yang beroperasi relatif sedikit.

"Ada satu hal yang menurut saya cerdik yang dilakukan oleh Dirjen dan Kakorlantas, yaitu memberikan imbauan agar truk itu tidak beroperasi. Itu bukan larangan, tapi imbauan. Kalau dia tetap jalan, ada akibatnya yaitu apabila terjadi kemacetan, kita berikan kewenangan kepada pihak kepolisian untuk menghentikan truk itu," katanya.

"Bahkan kalau terjadi kemacetan, pihak polisi juga bisa menghentikan truk di kantung-kantung parkir. Sehingga dengan demikian truk yang beroperasi di jalan yang rutenya searah arus balik relatif sedikit. Jadi inilah mengapa komunikasi itu penting," tambahnya.

(hld/dnu)