Kapolri Usul Rest Area di Tol untuk Mudik 2018 Diperbanyak

Bartanius Dony - detikNews
Senin, 03 Jul 2017 11:39 WIB
Kapolri mengusulkan agar rest area di tol diperbanyak saat mudik tahun 2018 nanti. Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta - Rest area di Tol Cipali tidak mampu menampung pemudik yang ingin beristirahat sehingga meluber di bahu jalan. Kapolri Jenderal Tito Karnavian meminta rest area di sepanjang jalan tol Brebes-Grinsing diperbanyak tahun 2018 nanti.

"Masyarakat yang mungkin lelah dari perjalanan panjang, mereka ingin beristirahat di rest area karena penuh akhirnya di bahu jalan ini membuat panjang," kata Kapolri di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin (3/2017).

Akibat dari hal itu, banyak mobil yang terpaksa dialihkan ke jalur lain termasuk jalur Pantura. Dia berharap rest area di jalan tol menuju Semarang diperbanyak.

"Di tengah jalan harus diperbanyak rest area dan pintu keluar untuk mengurai tidak terjadi kepadatan masyarakat. Yang mengendarai kendaraan, capek, mereka mereka bisa rest area ini," imbuhnya.

Secara keseluruhan, Kapolri mengatakan arus mudik dan arus balik tahun ini lancar. Dia menyebut angka kecelakaan pada arus mudik kali ini menurun dibandingkan dengan tahun lalu. "Secara umum terlepas dari beberapa kepadatan relatif lancar angka kecelakaan jauh menurun angka warga meninggal dunia juga dibanding tahun lalu jauh menurun sepertiganya saja," pungkasnya. (aan/tor)