Obama Menuju Candi Prambanan Lewat Piyungan

Usman Hadi - detikNews
Kamis, 29 Jun 2017 09:35 WIB
Candi Prambanan yang akan dikunjungi Obama. Foto: Sukma Indah Permana/detikcom
Jakarta - Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack Obama, hari ini dijadwalkan berlibur ke Candi Prambanan dan ke Puncak Becici Dlingo, Bantul. Ratusan personel dari kepolisian disiagakan, buat mengamankan kunjungan tersebut.

Sementara pihak kepolisian akan memprioritaskan pengamanan jalur yang akan digunakan rombongan Obama. Termasuk jalur dari Candi Prambanan menuju ke Puncak Becici Dlingo Bantul. Apalagi jalur menuju Puncak Becici tergolong sempit.
Obama di Candi Borobudur, kemarin (28/6/2017).Obama di Candi Borobudur, kemarin (28/6/2017). Foto: Dok. Istimewa

Kasat Lantas Polres Bantul AKP Imam Bukhori menerangkan, rute yang diambil rombongan Obama dari Candi Prambanan ke Puncak Becici yakni Jalan Prambanan-Piyungan. Sampai Simpang Tiga Piyungan rombongan naik ke arah Bukit Bintang.

"Ya jadi begini, nanti itu kan Obama dari Prambanan. Lewat selatan (Jalan Prambanan-Piyungan) tembus di Simpang Tiga Piyungan. Dari Simpang Tiga Piyungan lanjut naik ke atas, ke arah Bukit Bintang. Lalu masuk ke arah Puncak Becici," jelasnya, Kamis (29/6/2017).

Setelah liburan ke Puncak Becici usai, rombongan Obama beserta keluarga dilanjut ke restoran Bumi Langit. Setelah selesai, rombongan melewati Jalan Imogiri Timur untuk pulang. "Dari Puncak Becici lanjut kegiatan di Bumi Langit. Dari sana nanti jalan Imogiri Timur menjadi jalur keluar," imbuhnya.

Dari Jalan Imogiri Timur, rombongan Obama melanjutkan perjalanan ke arah utara menuju Terminal Giwangan. "Nanti dari Terminal Giwangan ke arah kanan sampai Janti, Blok O. Seperti itu jalurnya. Nanti di sana sudah dijemput jajaran Polres Sleman," tutupnya.

Berkunjung ke Prambanan sudah dicita-citakan Obama sejak lama. Dalam bukunya yang berjudul 'The Audacity of Hope' yang ditulisnya tahun 2007 bahkan ditulis keinginannya mengajak keluarga ke candi berumur ratusan tahun itu.

"Saya ingin mengajak Michelle dan anak-anak untuk berbagi bagian dari hidupku, untuk menjelajahi reruntuhan candi ratusan tahun di Prambanan atau berenang di sungai tinggi di perbukitan Bali," tulis Obama seperti dikutip detikcom, Jumat (23/6). (bag/bag)