Minta Operasional Truk Ditunda, Kemenhub Koordinasi dengan Kadin

ADVERTISEMENT

Minta Operasional Truk Ditunda, Kemenhub Koordinasi dengan Kadin

Aditya Fajar Indrawan - detikNews
Rabu, 28 Jun 2017 16:01 WIB
Direktur Jenderal Perhubungan Darat Pudji Hartanto Iskandar (Cici Marlina Rahayu/detikcom)
Jakarta - Sejumlah strategi dimiliki Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk mencegah kemacetan saat arus balik. Salah satu hal yang menjadi perhatian Kemenhub adalah truk yang kembali beroperasi pada 29 Juni besok.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Pudji Hartanto Iskandar mengatakan pihaknya sudah mencoba berdiskusi dengan Kadin agar pengoperasian truk bisa ditunda.

"Berkaitan dengan masa truk angkutan barang yang akan kembali beroperasi 29 Juni, jadi tanggal 30 sudah masuk tol. Kami sudah mencoba berdiskusi ke Kadin, asosiasi truk, dan Organda untuk bisa menunda beroperasinya truk angkutan barang," kata Pudji di posko terpadu Jalan Tol Cikopo, Jawa Barat, Rabu (28/6/2017).


Pudji menjelaskan penundaan penting dilakukan agar tak berbarengan dengan arus balik Lebaran. Selain itu, Kemenhub berkoordinasi dengan Polri dan Korlantas guna mengurai kepadatan kendaraan.

"Guna mengantisipasi itu, Polri dan Korlantas mempunyai kewenangan diskresi terhadap giat truk angkut barang agar tidak stuck atau mengalihkan kendaraan untuk masuk ke kantong-kantong parkir yang cukup luas sementara waktu, sebelum masuk Tol Cikampek atau kendaraan kita keluarkan ke arah pantura, sehingga demikian arus balik tidak jadi stuck," ucapnya.


Hal senada dipaparkan Dirlantas Polda Jawa Barat Kombes Tomex Kurniawan. Menurutnya, skenario penundaan truk angkut barang masuk tol bersifat situasional.

"Kita coba memperlambat truk angkut barang sebelum memasuki tol atau, jika memungkinkan, kita alihkan menuju ke Pantura. Tapi ini situasional guna mengantisipasi arus kendaraan dari Cipali, Purbaleunyi, dan Cikopo sebelum masuk ke dalam Tol Cikarang Utama," katanya. (adf/rna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT