DetikNews
Selasa 27 Juni 2017, 20:42 WIB

Salat Id di KJRI Jeddah dan Pesan "Bumi Dipijak Langit Dijunjung"

Nograhany Widhi K - detikNews
Salat Id di KJRI Jeddah dan Pesan Bumi Dipijak Langit Dijunjung Foto: Suasana Lebaran di KJRI Jeddah (Dokumentasi KJRI Jeddah)
Jakarta - Sekitar 1.400 WNI melakukan salat Idul Fitri di Wisma KJRI Jeddah. Konjen RI Jeddah Mohamad Hery Saripudin pun berpesan pada para WNI agar "di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung".

"Kita ini adalah tamu di negeri orang. Sudah seharusnya menghormati dan menaati peraturan yang berlaku di negeri tuan rumah. Tunjukkan bahwa kita ini adalah bangsa yang berbudi luhur berakhlak mulia. Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung," pesan Konjen Heri dalam rilis KJRI Jeddah yang diterima Selasa (27/6/2017).

Pesan itu disampaikan Konjen Heri karena ingin menekankan bahwa semua WNI yang ada di Jeddah adalah tamu. KJRI Jeddah menyelesaikan pelayanan program amnesti 2017 yang diberlakukan oleh Pemerintah Arab Saudi bagi seluruh warga negara asing yang tinggal secara ilegal.

"KJRI Jeddah baru saja melayani pengurusan exit permit bagi sebanyak 9.319 WNI kita yang mengikuti program amnesti, hampir 6 ribu orang di antaranya telah meninggalkan Arab Saudi," ucap Konjen sebelum salat Id dimulai.

Salat Id di KJRI Jeddah sendiri diadakan di halaman Balai Nusantara Wisma KJRI Jeddah pada Minggu (25/6) lalu tepat pada pukul 05.00 waktu Arab Saudi.

Salat Id di KJRI Jeddah dan Pesan Foto: Suasana Lebaran di KJRI Jeddah (Dokumentasi KJRI Jeddah)


Sejak malam hari menjelang 1 Syawal dan berlanjut hingga ke pagi harinya, kumandang takbir menggema di halaman Balai Nusantara. Tak kurang dari 1.400 orang yang terdiri dari laki-laki dan perempuan tua dan muda melebur jadi satu memadati tiap sudut halaman Balai Nusantara Wisma Konjen RI yang berlokasi di jantung Kota Jeddah untuk melakukan salat Id secara bersama-sama.

Salat Id dimulai tepat pukul pada 06.00 waktu Arab Saudi dengan khatib KH Murtadlo Ali Sonhaji dan imam KH Masykur Ghazali dari Masjid Indonesia Jeddah.

Salat Id di KJRI Jeddah dan Pesan Foto: Suasana Lebaran di KJRI Jeddah (Dokumentasi KJRI Jeddah)


Dalam khotbah yang berdurasi sekitar 25 menit, khatib salat Idul Fitri mengingatkan jamaah bahwa musibah yang datang silih berganti antara lain disebabkan kurangnya rasa syukur seorang hamba kepada Sang Khalik (Pencipta).

Khatib juga berpesan kepada jemaah akan pentingnya sikap saling memaafkan, memelihara keharmonisan dan memupuk persaudaraan antar sesama.

Rangkaian pelaksanaan salat Idul Fitri tahun ini diakhiri dengan ramah tamah Konjen RI Jeddah beserta keluarga dengan masyarakat dan seluruh jajaran staf KJRI Jeddah, dilanjutkan dengan dengan makan bersama dengan hidangan kuliner khas Nusantara.

Salat Id di KJRI Jeddah dan Pesan Foto: Suasana Lebaran di KJRI Jeddah (Dokumentasi KJRI Jeddah)


Aneka menu pilihan seperti seperti opor ayam, lontong sayur, rendang, lontong cap gomeh yang dilengkapi menu pendamping telur pindang, sambal goreng kentang, mi goreng dan sajian berbagai kue-kue khas tradisional memanjakan tak kurang 1400 orang jemaah laki-perempuan yang umumnya datang bersama keluarga.

Salat Id di KJRI Jeddah dan Pesan Foto: Suasana Lebaran di KJRI Jeddah (Dokumentasi KJRI Jeddah)

(nwk/nwk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed