Kodok, Kambing hingga Biawak Hiburan Jokowi di Istana Bogor

Erwin Dariyanto - detikNews
Jumat, 23 Jun 2017 16:31 WIB
Jokowi dengan hewan peliharaanya di Istana Bogor (Foto: Dok. Facebook Joko Widodo)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memiliki hiburan sendiri tiap Sabtu dan Minggu di Istana Bogor, yakni memberi makanan sejumlah hewan peliharaannya. Apa saja hewan peliharaan Jokowi di Istana Bogor?

Pada Minggu, 3 Januari 2015 lalu Presiden Jokowi melepas 150 ekor kodok ke tiga kolam di kompleks Istana Bogor. Saat itu, Jokowi juga melepas 190 ekor burung dan ratusan ekor biawak.

Ada tiga karung kodok berjumlah 150 ekor yang dilepas Jokowi ke tiga buah kolam. Kolam itu berada di halaman depan kompleks Istana Bogor.

Saat melepas kodok itu, Jokowi mendapati seekor biawak terjebak di dalam sebuah kotak saringan air. Jokowi kemudian meminta petugas perawat kolam itu untuk melepaskan biawak tersebut ke dalam kolam.

Selain kodok, biawak dan burung, Presiden Jokowi juga memelihara kambing di Istana Bogor. Pada Senin, 13 Maret 2017 lalu Jokowi mengumumkan kelahiran dua ekor kambing piaraannya melalui sebuah Vlog.

Dalam Vlog berdurasi sekitar 1,5 menit Jokowi tampak memegang sendiri kamera yang ia gunakan untuk merekam.

"Pagi ini saya merasa gembira sekali. Alhamdulillah, tadi pagi telah lahir lagi dua anak kambing yang saya pelihara. Coba, lucu-lucu ini," kata Jokowi mengawali penuturannya.

Kambing yang baru melahirkan terlihat dominan berbulu putih. Dua anaknya yang baru lahir tampak berada di sekitar induknya.

"Dan yang ini lahirnya 2 minggu yang lalu. Jadi dua bulan yang lalu lahir 1 ekor, seminggu yang lalu lahir 2 ekor, hari ini lahir 2 ekor. Jadi anaknya ada 5 induknya ada 5. Jadi sekarang saya punya kambing totalnya 10," ujar Jokowi.

Kodok, Kambing hingga Biawak Hiburan Jokowi di Istana Bogor Foto: Setpres/Facebook Jokowi


Kambing yang dipelihara Jokowi ada pula yang berwarna dominan hitam. Kambing-kambing tersebut beralas rumput hijau.

Pak Endang salah seorang petugas Istana Bogor mengatakan bahwa hewan-hewan piaraan tersebut menjadi hiburan Jokowi di hari Sabtu dan Minggu. Menurut Endang hiburan Jokowi di hari Sabtu dan Minggu adalah memberi makan sejumlah hewan peliharaanya tersebut.

"Hiburan Bapak Presiden salah satunya setiap hari Sabtu dan Minggu adalah memberi makan ikan dan berinteraksi dengan peliharaannya di sana (Istana Bogor)," kata Pak Endang dalam sebuah video yang diunggah di akun Facebook @Jokowi hari ini Jumat (23/6/2017). (erd/van)